Apa gejala migrain adalah mual dan sakit kepala?

ER Info Penanya: ER, Pria, 26 Tahun
Selamat pagi dokter.. Saya sudah 1 minggu lebih sakit kepla gk kunjung smbuh... Sakit kepla sebelah sya di sertai mual dan sakit dibola mata... Saat pkai berdiri leher blkang saya kyk yg trtimpa batu... Dn saat berdiri juga mualnya timbul... Mohon penjelasannya dokter... Saya mau konsultasi k.klinik... Cuma belum brani keluar rumah... Karena kondisi lagi tidak memungkinkan.... Terimkasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, LS.

Migrain adalah sensasi nyeri yang dirasakan pada satu sisi kepala saja. Penyakit ini disebabkan oleh perubahan senyawa kimia pada otak, yang memengaruhi persarafan dan peredaran darah. Seseorang yang mengalami migrain biasanya mengalami nyeri yang cukup hebat, terkadang bisa menjalar sampai leher atau telinga, dan bisa disertai mual muntah ataupun tidak.

Terkait kondisi yang Anda alami, selain migrain ada juga penyakit lain yang mengalami gejala nyeri kepala disertai mual, misalnya sakit kepala cluster, vertigo, dan bisa juga glaukoma apabila Anda merasa nyeri pada bola mata. Sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis saraf terkait kondisi Anda untuk pemeriksaan lanjutan, apabila dibutuhkan dokter akan merujuk Anda ke dokter spesialis mata atau bidang lain yang terkait.

Untuk sementara, Anda dapat melakukan hal-hal berikut di rumah:

  • Menghindari berada di ruangan yang berisik dan terlalu silau
  • Menghindari paparan sinar matahari langsung ke mata
  • Mengurangi pemakaian sinar blue light dari televisi, laptop, ataupun telepon genggam 
  • Beristirahat yang cukup dan tidak begadang
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol sesuai dosis

Jika nyeri dirasa sangat hebat, mual muntah tanpa henti, atau nyeri sangat hebat di belakang mata, atau kondisi gawat darurat lainnya, sebaiknya Anda segera berobat dengan tetap memperhatikan keamanan. Gunakan masker saat berobat dan usahakan tidak menyentuh fasilitas publik apapun.

Semoga cepat sembuh, terima kasih kembali.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diabetes dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur pada lansia

Waspadai 4 Jenis Penyakit Mata Ini Untuk Penderita Diabetes

Diabetes bisa menyebabkan komplikasi pada mata. Cara terbaik agar sembuh dari penglihatan kabur akibat diabetes adalah dengan deteksi dini dan penanganan yang tepat.