Migrain dan mimisan

SC Info Penanya: SC, Pria, 30 Tahun
S.malam dok.Saya mau tanya kalo misalkan kepala migrain sebelah kanan dan keluar darah dari hidung sebelah kanan, itu kenapa ya dok?.Jenis kelamin laki2 umur 30
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Migrain adalah rasa sakit pada satu sisi kepala yang disertai dengan gejala mual, muntah, dan peningkatan kepekaan terhadap cahaya dan suara. Penyebab migrain yaitu perubahan hormon, stres, kelelahan, gangguan tidur, faktor lingkungan, dan makanan minuman (coklat, alkohol, dan keju).

Mimisan adalah keluarnya darah dari hidung. Penyebab mimisan yaitu akibat mengorek hidung yang terlalu keras, cedera pada hidung, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi obat pengencer darah, alergi atau pilek, terpapar bahan kimia, dan gangguan pembekuan darah. 

Gejala yang Anda alami ini bisa jadi saling berkaitan satu sama lain, tapi bisa juga tidak saling berkaitan. Untuk memastikannya, harus dilakukan pemeriksaan lanjutan baik itu secara fisik maupun penunjang (tes lab darah) oleh dokter spesialis penyakit dalam, sehingga Anda mendapatkan terapi yang tepat sesuai dengan penyebabnya. 

Untuk mengatasi gejala-gejala ini, Anda bisa mengkonsumsi obat analgetik (ibuprofen atau paracetamol), istirahat yang cukup, konsumsi air putih yang cukup, perbanyak konsumsi sayur dan buah, dan menggunakan kompres dingin di bagian hidung yang mimisan. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat dapat dilakukan.

6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat di Rumah

Cara mengatasi sakit kepala bisa ttanpa obat, seperti kompres air dingin atau hangat di kepala, acupressure, konsumsi air putih dan makanan kaya vitamin B kompleks.