Apa penyebab perut sakit saat menahan napas?

MM Info Penanya: MM, Wanita, 1 Tahun
Selamat malam dok,saya mau tanyaJika kita memencet hidung/menutupnya hingga rapat kemudian kita menekan nafas kedalam menyebabkan sakit pada bagia bawah perut sebelah kanan itu kenapa ya dok?Harap untuk jawabannya dokTerima kasih:)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MM,

Sakit perut kanan bawah bisa timbul karena beragam penyebab, mulai dari gangguan pencernaan, gangguan organ reproduksi, masalah otot, adanya tekanan pada otot dibagian dalam perut, adanya peradangan usus buntu, konstipasi dan lainnya.

Saat menekan hidung dan menekan napas, maka tekanan perut akan meningkat. Hal ini yang bisa memicu rasa nyeri terutama jika ada bagian otot perut yang lemah dan tertekan oleh isi perut akibat tekanan yang diberikan dan bisa memicu hernia. Selain itu apabila ada peradangan usus juga bisa memicu rasa nyeri. 

Perhatikan apakah rasa nyeri juga timbul ketika tidak diprovokasi, ada tidaknya gejala lain seperti demam, mual, muntah, gangguan berkemih, gangguan menstruasi dan lainnya agar bisa ditentukan penyebabnya.  Untuk itu segera periksakan pada dokter. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan urine, USG, foto rontgen perut dan lainnya untuk memastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perut terasa panas umumnya disebabkan karena adanya gangguan kesehatan di saluran pencernaan

9 Penyakit Ini Ditandai dengan Gejala Perut Terasa Panas

Perut terasa panas bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan yang terjadi di saluran pencernaan yang disebabkan karena pola makan yang salah, virus atau bakteri, atau terdapatnya penyakit tertentu.