07 Aug 2021, 18:10Infeksi

Methisoprinol untuk COVID

F
Info Penanya: F, Wanita, 27 Tahun
Dokter, banyak yang bilang kalau methisoprinol salah satu obat yang dinajurkan untuk penderita covid. Apa kandungan dari obat tersebut?
1013 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, FTerima kasih atas pertanyaannya.Methisoprinol adalah golongan obat antivirus yang digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus sehingga infeksi akibat virus dapat dilawan dan cepat pulih kembali.    Saat ini ramai beredar obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi COVID-19.  Dari mulai antibiotik, antivirus, hingga adanya obat untuk infeksi cacing.  Padahal anjuran obat yang diberikan saat COVID-19 dapat berbeda-beda setiap orangnya.  Ada yang memang membutuhkan antivirus ada pula yang hanya perlu obat penurun panas dan vitamin saja. Jadi walaupun digunakan untuk pengobatan COVID-19 di rumah sakit, bukan berarti penggunaan obat methisoprinol ini bisa dilakukan mandiri dan secara sembarangan karena tidak semua penderita COVID-19 harus mendapat antivirus semua tergantung kondisi dan pemeriksaan dokter.  Karena kembali lagi infeksi virus ini bergantung pula pada daya tahan tubuh, selama daya tahan tubuh kuat maka infeksi pun dapat dilawan dan tidak menimbulkan gejala hingga perlahan virus pun mati. 

Beberapa cara selain obat untuk mengatasi COVID -19 :

  • Isolasi mandiri 14 hari bebas gejala.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Makan dan minum sehat, bergizi, bebas dari pengawet dan kafein.
  • Pantau suhu dan saturasi setiap hari.
  • Istirahat teratur dan mengurangi begadang.
  • Pastikan sirkulasi udara baik selama isolasi.
  • Berjemur 15 menit di pagi hari disertai dengan peregangan ringan.
Konsultasi dengan dokter secara online saat menjalani isolasi sehingga dapat dievaluasi apa saja obat yang dibutuhkan sesuai gejala yang dialami. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
infeksi virusminum obatcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil