Mestruasi lama dan keluar lendir coklat, apa penyebabnya?

R Info Penanya: R
Selamat siang dok, mau bertanya saya mestruasi lebih dari 14 hari lalu berhenti selama seminggu lalu berhubungan seks, setelahnya menstruasi kembali keluar darah dari vagina hingga hampir 2 minggu lalu sekarang keluar keputihan berwarna coklat, kenapa yaa dok ? Dan harus bagaimana dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi R,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Terlambat menstruasi pada setiap wanita merupakan hal yang normal. Karena normalnya menstruasi tidak datang tepat pada waktunya. Bisa mundur atau maju dalam beberapa hari. Normalnya menstruasi datang setiap 21-35 hari. Berbeda-beda tiap individu. Dengan durasi perdarahan selama 3-7 hari.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terlambat haid :

  • Terjadinya kehamilan
  • Gangguan hormonal
  • Gangguan tiroid
  • Stress dan kelelahan fisik
  • Gangguan penyakit tertentu seperti PCOS dan miom
  • Penggunaan alat kontrasepsi tertentu khususnya KB yang mengandung hormonal
  • dll

Terkait flek atau keputihan yang bewarna coklat bisa dikarenakan tanda implantasi, sisa darah menstruasi atau penyebab lainnya. Untuk memastikannya Anda bisa lakukan testpack untuk memastikannya. Jika flek coklat datang terus menerus, sebaiknya periksakan ke dokter kandungan untuk mencari tahu penyebab pastinya.

Selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter / hari, olahraga teratur minimal 3-4 kali / minggu, istirahat teratur minimal 6-8 jam / hari, jangan terlalu lelah, selalu terapkan pola hidup sehat, hindari rokok dan minuman alkohol.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat pil KB adalah mengatasi gangguan siklus haid

9 Manfaat Pil KB Selain Mencegah Kehamilan

Manfaat pil KB yang utama adalah untuk mencegah kehamilan. Namun alat kontrasepsi ini ternyata bisa digunakan untuk mengatasi kondisi kesehatan lain. Misalnya, gangguan siklus haid, gejala PMS, migrain, dan banyak lagi.