06 May 2021, 12:23Kandungan

Menstruasi keluar sedikit dan keputihan, apa penyebabnya?

LE
Info Penanya: LE0
Dok mau tanya saya,Terakhir menstruasi tgl 24 April,trus tgl 5 Mei sampai sekarang menstruasi tapi keluar sedikit darah dan banyak keputihannya dok,itu kenapa ya
118 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang LE,Flek darah adalah kondisi yang bisa terjadi setelah selesai menstruasi. Flek darah bisa keluar berupa spotting ataupun keluar seperti menstruasi tapi dengan volume darah yang lebih sedikit. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti:
  • Sisa darah menstruasi
  • Gangguan organ reproduksi seperti polip, kista, ataupun lainnya
  • Perdarahan karena hubungan seksual
  • Peradangan vagina atau infeksi vagina
  • Masalah hormonal
  • Tanda ovulasi 
Keputihan yang banyak sendiri juga bisa menjadi gejala tambahan terutama jika ada infeksi pada vagina. Penyebab infeksi sendiri bisa beragam mulai dari infeksi bakteri, jamur, parasit ataupun mikroorganisme lainnya. Untuk itu perlu diperhatikan seperti apa keputihannya baik dari konsistensinya, warna keputihannya, dan gejala apa yang menyertai seperti nyeri buang air kecil, gatal, bau khas ataupun gejala lain.Upayakan untuk menjaga kebersihan organ kewanitaan dengan bisa membasuh dengan air hangat kemudian dikeringkan sampai tuntas dan hindari penggunaan sabun khusus kewanitaan.Periksakan diri pada dokter atau dokter spesialis kandungan apabila keluhan tidak juga membaik, untuk dipastikan apa yang jadi penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.
keputihangangguan menstruasiflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil