03 May 2021, 16:23Kandungan

Perdarahan dari vagina, apakah darah menstruasi?

ZZ
Info Penanya: ZZ, Wanita, 21 Tahun
Sore dok saya mau nanya, bulan april saya menstruasi tanggal 18 (cuma 5 hari), lalu tanggal 3 mei ada darah lagi seperti darah menstruasi, apakah itu darah menstruasi apa bukan ya dok?
172 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi ZS,Darah menstruasi biasanya keluar dari vagina selama 3-7 hari berturut-turut. Perdarahan diawali oleh bercak kecokelatan pada beberapa hari pertama, lalu diikuti oleh darah merah yang deras, kemudian diakhiri dengan bercak cokelat kembali.Proses menstruasi biasanya terjadi secara rutin, yaitu setiap 21-35 hari, bervariasi pada tiap-tiap wanita. Jadi, apabila Anda mengalami menstruasi tanggal 18 April, maka seharusnya Anda mengalami menstruasi kembali pada tanggal 9-23 Mei.Apabila telah mengalami perdarahan pada tanggal 3 Mei, maka kemungkinan darah tersebut adalah:
  • menstruasi yang maju karena perubahan hormon
  • perdarahan karena stres
  • perdarahan karena adanya penyakit pada organ reproduksi, misalnya PCOS
  • perdarahan karena penggunaan kontrasepsi atau obat tertentu
  • dan lain sebagainya
Untuk memastikan itu darah apa, tidak bisa hanya melalui kata-kata saja, melainkan perlu dilakukan pemeriksaan USG oleh dokter kandungan. Jadi, apabila perdarahan berlangsung lebih dari 14 hari atau disertai dengan rasa pusing dan lemas, coba konsultasikan lebih lanjut ya.Jangan lupa tetap menjaga kebersihan vagina dengan rutin mengganti pembalut setiap kali terasa lembab atau penuh, selama masa perdarahan berlangsung. Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr Sylvia
haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil