Menstruasi terlat lalu keluar flek dan sakit perut bawah

S9 Info Penanya: S9, Wanita, 1 Tahun
Halo dokter, saya Ny.nn umur 29 thn mau bertanya, saya telat haid 3 hari, di hari telat pertama dan kedua hanya keluar flek sangat sedikit, tetapi di hari telat ke 3, keluar darah banyak seperti haid di hari pertama seperti biasa nya dan sakit di perut bawah hingga ngilu ke tulang, mohon penjelasan nya dok,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Terlambat 3 hari adalah masih termasuk normal terlebih jika setelahnya keluar perdarahan deras seperti menstruasi. Apabila siklus masih diantara 21-35 hari masihlah normal dimana bisa terjadi perubahan siklus apabila mengalami beberapa gangguan seperti misalnya mengalami stres, kelelahan, aktivitas berat, ataupun masalah lain seperti masalah organ reproduksi.

Jika sudah menikah atau aktif berhubungan seksual, terlambat haid juga perlu diperhatikan karena bisa disebabkan oleh kehamilan ataupun efek masalah kesehatan lain, penggunaan alat KB atau karena perubahan hormonal.

Nyeri haid berlebihan

Jika nyeri hebat saat haid bisa disebut dengan dismenore, penyebabnya salah satunya adalah karena masalah di organ reproduksi seperti endometriosis, adanya tumor jinak atau miom, ada masalah di mulut rahim, adanya penyakit radang panggul, ada adenomiosis dan penyebab lain.

Untuk membantu mengurangi nyeri haid bisa coba dilakukan beberapa cara seperti:

  • Menjaga gaya hidup sehat
  • Istirahat cukup dan makan teratur
  • Mandi air hangat
  • Minum air hangat dan bisa kompres perut yang nyeri dengan kompres hangat
  • Minum pereda nyeri seperti parasetamol
  • Lakukan aktivitas atau olahraga ringan

Jika nyeri haid berlebih sering kali terjadi, perlu diperiksakan pada dokter spesalis kandungan agar dilakukan pemeriksaan, salah satunya dengan pemeriksaan USG agar diketahui apa penyebabnya dan diberikan penanganan sesuai penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AN*
17 Sep 2020, 18:57
Salam dok, saya brumur 20 tahun, selepas saya selesai haid lebih kurang seminggu, tiba² ada keluar lg bercak darah banyak, tp warna coklat, tp keluar nya mlm dengan pagi, selepas itu tidak ada lg, apakah itu normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
17 Sep 2020, 21:03
Selamat malam AN,
Sebelumnya apakah Anda sudah menikah? JIka sudah bercak atau flek kecoklatan bisa jadi karena tanda implantasi atau sisa darah menstruasi atau sebab lainnya. Jika Anda terlambat haid pada bulan berikutnya, sebaiknya lakukan test pack untuk memastikannya. Jika flek coklat terjadi berkepanjangan dan disertai nyeri perut, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter kandungan.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi lama bisa disebabkan oleh pemasangan alat KB spiral

Menstruasi Lama? Ini 10 Alasan Penyebabnya, Kanker Salah Satunya!

Menstruasi yang berlangsung lama mungkin hanya merupakan gangguan hormon. Namun, ada 10 kondisi lain yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi lama, salah satunya pemasangan alat KB spiral.