21 Jul 2020, 19:55Kandungan

Menstruasi keluar flek dan gumpalan, kenapa?

RR
Info Penanya: RR0
Dok saya ingin tanya , untuk menstruasi saya bulan ini mulai dari tgl 20 juli mengeluarkan flek coklat seperti biasanya tetapi disaat saya beraktifitas bekerja saat saya sedang ke toilet saya melihat haid saya keluar hanya 1 tetesan air saja itu knpa ya? Dan saya pada pagi hari ini 21 juli saat buang air kecil hanya keluar kotoran haid seperti gumpalan seperti daging tpi tidak keluar darah haid nya nah disore nya saya lihat hanya 1 tetes lagii . Boleh dibantu knapa ya dok?
19979 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, RR.Menstruasi adalah kondisi keluarnya darah yang berasal dari peluruhan dinding rahim melalui vagina. Menstruasi terjadi secara alamiah, yang akan berulang dalam siklus tertentu, normalnya setiap 21-35 hari. Satu kali menstruasi berlangsung selama 2-14 hari, dan biasanya diawali dengan bercak darah kecokelatan, diikuti darah merah yang menderas, dan diakhiri dengan bercak kembali.Akan tetapi, darah menstruasi bisa bervariasi, misalnya langsung deras di awal haid, ada gumpalan darah, maupun flek kehitaman. Hal tersebut dapat dikatakan masih wajar, selama siklusnya teratur dan durasinya kurang dari 14 hari. Oleh karena itu, apabila dua hari yang lalu Anda mengalami flek cokelat dan gumpalan darah, bisa jadi itu tanda awal menstruasi. Anda dapat memantau dulu hari ini, apakah menstruasi masih berlanjut atau tidak. Jika berlanjut, maka hal ini wajar dan normal. Tetapi, jika terhenti, bisa saja Anda mengalami gangguan atau ketidakseimbangan hormon yang dipicu oleh hal-hal tertentu:
  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal
  • Kelelahan yang berkelanjutan
  • Stres atau beban mental
  • Kista ovarium
  • Polip rahim
  • Keguguran, tanpa Anda tahu bahwa sedang hamil
Apabila demikian, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti PP test atau USG rahim. Dengan demikian, akan diketahui penyebab pasti dari flek dan gumpalan darah yang Anda alami, kemudian dapat diberikan terapi yang sesuai, baik obat maupun tindakan. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil