Mengapa terjadi flek berjumlah banyak selama 1 minggu?

A Info Penanya: A, Wanita, 20 Tahun
Hai dok saya mau tanyaFlek-flek selama 1 mnggu dengan volume yang banyak itu kenapa ya? Namun setelahnya tidak diringin menstruasi. Trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Menstruasi merupakan kondisi keluarnya darah dari organ kewanitaan, hali ini terjadi salah satunya diakrenakan adanya hormon kewanitaan yang dimiliki wanita. Siklus menstruasi normal terjadi selama 21-35 hari. mayoritas wanita mempunyai skllus 28 hari. Cara menghitung  siklus menstruasi dimulai dari hari pertama menstruasi sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Lama menstruasi normalnya 2-14 hari, rata-rata wanita mengalami menstruasi selama 2-7 hari. 

Perdarhan pada saat menstruasi bermacam-macam, mulai dari flek atau hanya berupa bercak, perdarahan cair yang sedikit mengental, atau bahkan ebrupa gumpalan. Selain itu, warna darah pada saat menstruasi pun beragam, mulai dari coklat, merah terang, merah gelap, merah kecoklatan, bahkan sedikit kehitaman.

Terkait dengan pertanyaan yang anda tanyakan, jika flek selama seminggu dan jumlahnya banyak, bisa kemungkinan itu adalah menstruasi Anda, telebih jika hal tersebut terjadi pada saat tanggal dimana seharunsya Anda mendapatkan menstruasi. 

Adapun beberapa hal yang dapat anda lakukan adalah:

  • Konsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan cairan
  • Jaga kebersihan area kewanitaan
  • Hindari kelelahan dan stres
  • Istirahat cukup
  • Lakukan olaharaga ringan

Jika keluhan dirasa tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga tergolong sebagai salah satu cara melancarkan haid secara alami

Secara Alami atau Obat, Ini Cara Melancarkan Haid yang Aman

Ketika menstruasi Anda tersendat, Anda bisa memilih beragam cara melancarkan haid secara alami. Mulai dari olahraga hingga yoga. Anda juga bisa mengonsumsi obat memperlancar haid yang diresepkan oleh dokter bila diperlukan.