Mengapa terjadi flek selama 3 hari?

RP Info Penanya: RP, Pria, 27 Tahun
Dok saya ngeflek udah 3 hari. Harusnya jadwa mensya tgl 29 , Saya sudah tespek namun negatif, Yang jadi pertanyaan saya kenapa yang kluar cuma flek doang dok bukan darah, dan itu terjadi 3 hari
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore RP

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Siklus menstruasi pada wanita dikatakan normal bia terjadi 21 - 35 hari. Cara menghitung siklus mesntruasi dimulai dari hari pertama menstruasi sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Rata-rata wanita menggalami siklus menstruasi 28 hari. Lamanya masa menstruasi dikatakan normal terjadi 2- 14 hari, rata-rata wanita mengalami menstruasi selama 3- 7 hari. 

Pada saat menstruasi biasanya wanita mengeluarkan darah sekitar 15 hingga 90 ml. Perdarahan yang terjadi bisa berupa bercak, gumpalan berwarna merah/coklat, atau berupa cairan dengan warna merah tua atau kecoklatan. 

Terkait dengan keluhan Anda, apabila flek yang muncul selama 3 hari tidak diikuti dengan keluarnya darah mensrtuasi, bisa juga merupakan bercak implantasi pada awal kehamilan. Untuk itu Anda bisa melakukan tes kehamilan ulang selang 1 minggu kemudian. Jika Anda masih ragu-ragu, Anda bisa mengunjugi dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Pastikan Anda tetap menjaga pola makan teratur, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga rutin, serta istirahat cukup agar tidak kelelahan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi

Proses Pembentukan Sel Telur, Apa yang Terjadi Jika Tidak Dibuahi?

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi. Setelah proses pembentukan sel telur tuntas dan memasuki masa ovulasi, pembuahan bisa terjadi.