Kapankah masa subur yang baik untuk berhubungan ?

L Info Penanya: L, Wanita, 22 Tahun
Dokter saya haid pada tanggal 31 aguts sampai tanggal 6 sept. Hari keberapakan saya yang baik untuk berhubungan pada waktu ovulasi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, L.

Masa subur sangat penting untuk diketahui oleh pasangan yang hendak merencanakan kehamilan. Masa tersebut merupakan saat dimana indung telur (ovarium), melepaskan sel telur (ovum) yang telah siap dibuahi, menuju saluran indung telur (tuba falopi). Jika pada saat pelepasan tersebut, terdapat sperma yang berhasil membuahi sel telur, maka terjadilah kehamilan. 

Cara untuk menghitung masa subur bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur dengan rata-rata 28 hari, yaitu, 12-14 hari sebelum hari pertama siklus haid selanjutnya. Atau dapat pula dikatakan, jika dihitung dari hari pertama haid terakhir, rata-rata masa subur wanita berada pada hari ke-10 hingga hari ke-17. Adapun puncak ovulasi yang biasanya jatuh pada hari ke-13 atau 14 diantara masa subur tersebut.

Untuk contoh perhitungannya apabila tanggal 31 agustus Anda mengalami hari pertama haid terakhir, maka masa subur Anda berada pada rentang tanggal 9 hingga 16 september, dengan puncak ovulasi berada pada kisaran tanggal 12 atau 13 september.

Namun demikan, perhitungan di atas hanya berlaku bagi yang memiliki siklus haid teratur. Dengan kata lain, tidaklah mutlak. Terlebih siklus haid sendir terkadang dapat memendek ataupun memanjang. Maka untuk wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur, direkomendasikan penggunaan kalkulator masa subur oleh para ahli.

Berikut pula terlampir artikel tentang cara menghitung masa subur sebagai informasi tambahan untuk Anda sehingga Anda dapat mencoba menghitung masa subur secara mandiri.

Keterangan lebih lanjut, bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi secara langsung pada dokter Spesialis Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memperhatikan waktu yang tepat untuk bercinta adalah salah satu cara agar cepat hamil.

Agar Cepat Hamil, Anda Harus Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Buat Anda dan pasangan yang sedang menanti momongan, ada beberapa cara agar cepat hamil yang bisa dicoba. Ada beberapa cara agar cepat hamil yang bisa memperbesar kemungkinan kehamilan.