24 Sep 2021, 17:20Penyakit Lainnya

Meredakan bengkak disekitar luka pasca kecelakaan

NA
Info Penanya: NA0
Salam dok, 5 hari yang lalu saya mengalami kecelakaan motor yang menyebabkan lecet dibeberapa bagian. Luka yang paling lebar ada di punggung kaki. Setelah kecelakaan lukanya langsung dibersihkan dengan NaCl dan rutin minum antibiotik (amoxicillin) Lukanya sudah mengering namun masih ada bengkak disekitar luka & setiap kali saya berdiri atau mencoba untuk berjalan tiba-tiba rasanya nyeri seperti ada yang mengaling deras ke bagian luka. Bagaimana cara untuk meredakan bengkak disekitar luka dikaki?
69 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang NASaat mengalami kecelakaan bisa timbul luka pada tubuh yang penanganannya berbeda-beda sesuai dengan jenis dan tingkat keparahan luka. Tubuh pun memerlukan waktu untuk melakukan pemulihan terhadap jaringan yang rusak pada luka.

Bengkak Pada Luka

Pada luka lecet punggung kaki anda sudah benar cara merawatnya dengan dibersihkan menggunakan cairan infus NaCl serta meminum antibiotik sesuai anjuran dokter secara rutin. Sleain itu luka lecet juga bsia diberikan krim antibiotik untuk mencegah infeksi.Namun yang perlu anda perhatikan juga bahwa luka lecet bisa disertai dengan bengkak dikarenakan peradangan atau adanya cedera tumpul akibat benturan di sekitar luka sehingga menyebabkan penumpukan cairan berlebih pada jaringan. Saat anda berdiri lama dapat memperparah bengkak pada kaki yang luka karena aliran darah yang banyak ke bagian tungkai bawah sehingga meningkatkan penumpukan cairan pada kaki yang bengkak.

Mengatasi Bengkak Pada Luka

Jadi untuk mengatasi bengkak pada luka ini anda bisa melakukan beberapa hal. Hal-hal itu berupa:
  • Mengangkat kaki lebih tinggi
  • Tidak berdiri atau berjalan terlalu lama
  • Hindari menggunakan sandal atau sepatu yang sempit
  • Kompres hangat untuk mengurangi bengkak
  • Bisa mengoleskan heparin gel atau krim untuk mengurangi bengkak akibat memar
Bila bengkak pada kaki tidak kunjung mmebaik atau lukanya tidak kunjung sembuh konsultasilah ke dokter ya.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
penyembuhan lukapembengkakanluka traumatis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil