07 Dec 2020, 04:57Pernapasan

Batuk dan nyeri di punggung apa sebabnya?

AN*
Info Penanya: AN*0
Saya sudah satu minggu batuk, hingga 2 hari terakhir susah tidur. sekarang batuk sudah mulai membaik hingga tidak menggangu tidur. tapi, masih batuk. Namun hari ini, ketika saya menarik nafas panjang ada rasa sakit punggung yang menusuk di sebelah kanan. kenapa ya?
981 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore AA,Batuk adalah refleks alami tubuh untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh mulai dari bakteri, virus, debu, asam lambung, dll. Batuk ini perlu dibedakan antara batuk berdahak atau batuk kering karena tentu saja akan berbeda terapinya.Bila batuk Anda sudah mereda namun muncul keluhan nyeri di punggung maka kemungkinan yang terjadi adalah kram otot punggung akibat batuk-batuk yang sebelumnya Anda alami. Karena ketika batuk maka otot-otot punggung akan kontraksi sebagai usaha untuk mengeluarkan dahaknya. Bila Anda jarang berolahraga maka otot-otot di badan akan lebih mudah mengalami kram atau kekakuan otot dan timbul nyeri.

Yang sementara dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan nyeri punggung tersebut adalah:

  • Kompres bagian yang sakit menggunakan air hangat.
  • Minum paracetamol untuk meredakan nyerinya.
  • Hindari gerakan yang mendadak.
  • Ketika tidur berbaring miring ke sisi badan yang tidak nyeri.
  • Minum air putih yang banyak minimal 2 liter per hari untuk mengencerkan dahak Anda agar tidak perlu usaha batuk terlalu keras.
Bila keluhan berlangsung lebih dari 3 hari atau muncul keluhan sesak napas, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk memastikan kondisi Anda.Salam sehat,dr. Vina
kram ototbatuk keringbatuk berdahak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil