24 Oct 2020, 04:39Gigi & Mulut

Cara mengatasi gigi tonggos

S
Info Penanya: S0
Dok, saya umur 18 tahun dan gigi saya ada 4 di depan yang tonggos & ke empat gigi di dpn tsb yg ditambal karena gigi berlubangnya sngtlah besar dan saat di tambal. Doktr yang menambal gigi sy tdk terlalu rapih dan ad serpihan serpihan b3kas sisa tambalannya di gigi yg menyebabkan kurang bersihnya gigi sehingga jadi memiliki karang gigi dan plak di gigi, dan gigi itu tonggos dan rahang atas saya agak masuk ke bagian kiri dan yang kanan sprti agk keluar sdkit, bgaimn crny utk mngtsi tonggosnya?
440 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, S.Gigi tonggos dapat mengganggu penampilan dan memengaruhi rasa percaya diri seseorang. Sedangkan dari segi kesehatan, gigi tonggos dapat mengganggu proses mengunyah makanan, sehingga terkadang memicu gigitan pada bibir yang menyebabkan sariawan. Seringkali, rasa nyeri pada rahang juga terjadi akibat gigi yang tonggos.Sayangnya, gigi tonggos tidak bisa menjadi rapi dengan sendirinya, dan perlu dilakukan tindakan untuk mengatasi atau merapikan gigi tonggos. Ada beberapa jenis tindakan yang dapat dilakukan, yaitu pemasangan behel (kawat gigi), pemotongan atau pengikisan gigi, atau pencabutan gigi dan diganti dengan gigi palsu.Untuk mengetahui tindakan mana yang terbaik untuk Anda, sebaiknya konsultasikan dulu masalah Anda ke dokter gigi spesialis ortodonti. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan gigi dan mulut, serta melakukan pemeriksaan seperti rontgen apabila diperlukan. Dari hasil pemeriksaan, akan dievaluasi dan ditentukan penanganan yang tepat dan sesuai.

Menjaga Kesehatan Gigi

Selain merapikan gigi, penting juga untuk menjaga kesehatan gigi agar tidak berlubang, seperti yang Anda pernah alami. Berikut hal-hal yang disarankan untuk dilakukan:
  • Menggosok gigi minimal dua kali sehari dengan cara yang benar
  • Membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss
  • Berkumur dengan larutan mouthwash
  • Menghindari konsumsi makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas
Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
gigi berlubanggigi patahkawat gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil