Merasakan PMS tapi kenapa tak kunjung haid ?

AF Info Penanya: AF, Wanita, 27 Tahun
Dok mw tanya, sy terakhir haid d bulan januari tpi sy mulai berhubungan intim dgn suami tgl 1 April, seminggu seblum sy berhubungan sdh merasakan Tanda PMS, tpi sampai skrg sy belum jga haid dan msih meraskan gejala kram d perut, nyeri pinggang dan payudara bengkak, apakah kemungkinan sy hamil dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AF,

Premenstrual syndrome (PMS) adalah gejala-gejala yang muncul menjelang haid yang biasanya dirasakan 7 hari menjelang haid.

Tanda-tanda PMS adalah:

  • Payudara terasa lebih sensitif.
  • Perubahan emosi menjadi kurang stabil, misal mudah marah atau menangis.
  • Perut terasa kembung.
  • Napsu makan bertambah atau mudah lapar.
  • Perut terasa kram.

Perihal keluhan Anda, bagaimana siklus haid Anda sebelumnya? Apakah memang tidak teratur? Apakah sedang menggunakan KB atau baru saja lepas KB?

Untuk memastikan kondisi Anda, sebaiknya Anda melakukan tes pack untuk memastikan sedang hamil atau tidak. Karena keluhan yang dirasakan bisa karena gangguan hormon, kurang minum, atau ada infeksi saluran kemih.

Bila hasil tes pack negatif maka Anda tidak hamil dan bisa minum air putih yang banyak, olahraga rutin, dan tidur secara teratur agar hormon kembali stabil. Selain itu usahakan jangan stres dan cari kegiatan yang menyenangkan.

Bila siklus haid Anda sering tidak beraturan, sebaiknya periksa ke dokter kandungan untuk USG.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS biasanya adalah susah tidur

Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan

Tanda-tanda kehamilan mirip dengan ciri-ciri PMS. Perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut juga dirasakan. Perbedaannya tidak ada flek atau spotting.