27 Jun 2021, 14:45Penyakit Lainnya

Kenapa sempoyongan dan sering sakit kepala?

PP
Info Penanya: PP0
Dok, mohon konsulnya. Kenapa ya dok, setiap hari saya merasakan badan saya seperti bergetar dan kliyengan (seperti merasakan gempa, padahal tidak ada gempa). Rasa itu hanya sesaat. Kenapa ya dok kira-kira? Saya biasanya juga merasakan sakit kepala dari atas kepala area ubun-ubun hingga ke mata, kadang juga merasakan di leher belakang seperti berat dan sakit. Darah saya terakhir tensi 140/90. Mohon konsulnya, terima kasih dok..
417 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, PP                    Terima kasih atas pertanyaannya.Rasa bergetar dan sempoyongan seperti semua bergerak bisa terjadi sebagai tanda faktor kelelahan hingga tanda terjadi vertigo

Penyebab rasa sempoyongan:

  • Adanya gangguan di telinga dalam seperti infeksi di telinga, sumbatan di telinga dalam, kelainan di tulang pendengaran, gangguan saraf yang mengatur keseimbangan di telinga dalam.
  • Sakit kepala migrain yang terjadi saat rasa sakit berdenyut pada sebagian kepala. Rasa sakit ini dapat disertai dengan mual serta sensitif ketika melihat cahaya.
  • Penyakit meniere yaitu penumpukkan cairan di telinga serta tekanan yang berubah di dalam telinga. Kondisi ini akan disertai dengan telinga berdenging, pandangan kabur, serta penurunan pendengaran. 
  • Fakotr kelelahan, stres, riwayat cedera kepala atau leher.
Sedangkan untuk sakit kepala yang dirasakan juga bisa karena faktor kelelahan, stres, postur tubuh kurang baik, asupan makan tidak terjaga, begadang, dehidrasi, kolestrol dan darah tinggi serta daya tahan tubuh yang menurun.  Dilihat dari tekanan darah yang batas normalnya 120/80 berarti memang ada peningkatan sehingga bisa saja keluhan anda disebabkan tekanan darah yang meningkat.  Lakukan hal berikut untuk menjaga tekanan darah serta mengurangi rasa sempoyongan dan sakit kepala. 

Beberapa cara mengurangi rasa sempoyongan dan mengontrol tekanan darah :

  • Perbanyak minum air putih.
  • Istirahat teratur dan hindari begadang.
  • Usahakan mengurangi gerakan tiba-tiba contohnya saat bangun dari posisi berbaring atau jongkok.
  • Kurangi makanan tinggi garam, MSG, pengawet, pemanis buatan, cepat saji, instan dan berkafein.
  • Minum obat pereda nyeri jika rasa sakit tidak tertahankan.
  • Olahraga teratur.
Lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis saraf terdekat untuk evaluasi keluhan dan tekanan darah. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
migraintekanan darah tinggivertigosakit kepalakelelahanpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil