Merasakan nyeri di dada sebelah kiri jantung berdebat cepat karena apa?

MZ Info Penanya: MZ, Wanita, 44 Tahun
Selamat sore Dok...Perkenalkan saya ibu Marlina usia 44thn,bbrp bln ini sy merasakan nyeri di dada sebelah kiri &jantung berdetak sangat cepat sekali,sehingga menimbulkan sulit bernapas...apakah ini gejala penyakit jantung ya Dok ? Kadang dada kiri terasa sakit sekali sampai merasakan melayang,kmrn2 juga merasakan mual..Karena jantung berdetak kencang merasa tdk nyaman kadang sy merasakan sampai 4hari.Terima kasih Dok mohon jawabannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MZ.

Sakit dada terutama nyeri dada kiri bisa timbul karena beragam penyebab. Sering kali nyeri dada kiri dikaitkan dengan gangguan jantung, gangguan pernapasan, gangguan pencernaan, ataupun masalah organ lain.

Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter dimana akan dilakukan wawancara mengenai keluhan yang timbul, dilakukan pemeriksaan fisik, dan juga pemeriksaan tambahan yang diperlukan seperti lab darah, foto rontgen, rekam jantung dan pemeriksaan lain yang diperlukan. 

Tidak jarang keluhan dada sakit juga berkaitan dengan kebiasaan  sehari-hari seperti pola makan yang kurang baik, stres, mengonsumsi makanan yang mengiritasi lambung dan lainnya. Keluhan ini bisa timbul karena peningkatan asam lambung, maag ataupun lainnya. Jadi perlu perbaiki pola makan dengan makan sedikit tapi sering, hindari konsumsi makanan yang pedas, asam, berlemak, ataupun kopi dan minuman bersoda.

Periksakan diri pada dokter jika keluhan berlanjut agar bisa ditangani dengan tepat kondisi yang dialami. Jika timbul nyeri dada menjalar ke bahu, rasa kesemutan, nyeri tidak bisa dilokalisir, terasa seperti tertindih benda berat, keringat dingin, sesak napas maka perlu segera ke rumah sakit terdekat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)