04 Mar 2021, 02:38Penyakit Lainnya

Merasakan gejala putus obat, apa yang bisa dilakukan?

AP
Info Penanya: AP, Pria, 29 Tahun
dok saya mau tanya , kenapa setiap saya tidak minum obat penenang bawaan nya selalu cemas berlebihan ,panik susah tidur dan gelisah dok . saya mau minta tolong dok , di darrah saya obat nya susah di cari lagi benar2 kosong padahal saya sudah punya resep resmi dari dokter . apakah ada jual obat penenang online dok ? soal nya saya sudah tidak sanggup setiap hari harus begini .kalau ada mohon konfirmasi kembali dok . terima kasih .
222 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ITerima kasih atas pertanyaan AndaGejala putus obat atau gejala withdrawal adalah gejala yang muncul akibat berhenti ataupun mengurangi obat tertentu. Kondisi ini bisa berupa gejala fisik dan atau gejela psikologis seseorang. Gejala yang muncul akan bebeda-beda tegantung dari kandungan zat dari obat yang dikonsumsi. Mengonsumsi obat penenang dalam jangka waktu yang lama, dan berhenti mendadak tanpa melakukan konsultasi dan pemeriksaan dokter, maka bisa menyebabkan munculnya gejala putus obat.

Adapun beberapa tanda dan gejalanya diantaranya yaitu:

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, mohon maaf untuk penggunaan obat penenang dan pembelian obat penenang tidak bisa diberikan secara online menurut peraturan dari BPOM. Hal ini dikarenakan obat penenang termasuk obat keras dan tidak bisa dibeli tanpa resep. Pemberian resep dan pembelian obat penenang harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh psikiater. Apabila kondisi ini dirasa menggangu Anda, alangkah baiknya bila Anda melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan psikiater terdekat.Untuk tindakan sementara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi keluhan Anda yaitu:
  • Berusaha untuk berpikiran positif
  • Melakukan meditas seperti yoga dengan pengawasan instruktur yang berpengalaman
  • Melakukan hobi Anda
  • Berolahraga dengan rutin
  • Tetap konsumsi makanan bergizi, sayur dan buah
  • Minum air cukup
  • Atasi stres
  • Bercerita dengan orang terdekat
  • Hindari menyendiri
Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
tips kesehatanmenjaga kesehatangangguan psikologispsikoterapi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil