06 Jul 2021, 21:57Pernapasan

Merasakan ada pompaan saat bernafas? Apa itu wajar?

AN*
Info Penanya: AN*, Pria, 23 Tahun
Dok, entah ini karena kegelisahan saya ataupun kebingungan saya. Akhir2 ini kenapa ya ketika saya bernafas, entah nafas biasa maupun nafas dalam saya seperti merasakan pompaan di dada saya. Bukan mengi dok (nafas saya tidak bersuara). Namun ketika saya menaruh tangan di dada dan nyoba bernafas, saya kok merasakan semacam ada pompaan. Hal itu juga saya rasakan meskipun tidak meletakan tangan di dada. Apakah itu wajar dok? Apakah ada yg bermasalah?
279 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Karlina Lestari
(0)
Selamat siang,Apakah yang Anda maksud dari pompaan itu adalah denyut jantung? Jika iya, maka memang di bagian dada sebelah kiri terdapat organ jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh, dan akan terasa detaknya ketika Anda memegang dada.Sesuai penyataan Anda, dimana Anda tidak merasakan gejala apapun berupa mengi dsb maka tidak perlu khawatir.Yang perlu diwaspadai jika merasa:
  • Sesak napas
  • Nyeri dada menjalar hingga lengan kiri dan nyeri terasa seperti tertimpa beban berat
  • Batuk berkepanjangan
  • Demam tinggi
Jika mengalaminya jangan menunda ke dokter yaTips untuk Anda selama di rumah agar tubuh selalu sehat:- Kelola stress- Konsumsi makanan bergizi seimbang- Olahraga rutin- Berjemur di pagi hari- Minum air putih 2L perhari- Patuhi protokol kesehatan - HIndari merokok- Hindari konsumsi alkohol Semoga bermanfaat
hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil