01 Apr 2021, 01:12Psikologi

Tertekan, sedih, dan merasa sendiri

TP
Info Penanya: TP, Wanita, 18 Tahun
Dok, aku ngerasa kaya tertekan, sedih, ngerasa sendiri, dan pernah terlintas di pikiran kalo aku emang beneran gak berguna lagi disini, aku gatau sekarang aku mau apa, mau ngapain, mau gimana, dan pikiran buat berakhir muncul terus terusan diotak aku, aku stress, aku masih sadar untuk sekarang ini siii, tapi dengan kesadaran yang masih ada, malah bikin makin takut Kenapa ya dok?
109 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, TP.Tertekan, sedih yang berlarut-larut, kesepian, dan perasaan tidak berguna, adalah gejala-gejala psikologis yang mengarah kepada kondisi depresi. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan dan membutuhkan penanganan medis, karena bisa menimbulkan komplikasi ke arah keinginan bunuh diri atau benar-benar melakukannya.Mengenai kondisi Anda, hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah mencari tahu penyebabnya. Coba runut lagi aktivitas ke hari-hari sebelumnya, dan cari tahu apakah ada masalah yang sangat mengganggu. Apabila ada, coba bagikan masalah itu ke orang terdekat seperti keluarga, sahabat, atau saudara. Diskusikan bagaimana cara menangani masalah tersebut.Tetapi, apabila Anda tidak mengetahui apa penyebabnya atau merasa tidak memiliki masalah, maka Anda dapat mencoba untuk melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan hormon bahagia dalam keseharian, seperti:
  • menghirup aromaterapi yang menenangkan, misalnya wangi lavender
  • mengonsumsi makanan tertentu yang dapat meningkatkan mood, seperti cokelat atau alpukat
  • berolahraga 3-4 kali seminggu dengan durasi 20 menit
  • melakukan hobi atau hal-hal yang disukai
  • menenangkan diri dengan meditasi
Apabila perasaan negatif Anda tak kunjung hilang meskipun telah melakukan hal-hal tersebut, periksakan kepada psikolog atau psikiater ya. Nantinya akan dilakukan konsultasi tanya jawab yang mendalam mengenai keluhan Anda, kemudian dokter akan menegakkan diagnosis dan memberikan penanganan yang sesuai (baik berupa psikoterapi suportif atau obat-obatan). Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
mengatasi depresidepresipenyebab depresi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil