Merasa tertekan dan selalu salah saat bekerja

AP Info Penanya: AP, Wanita, 2019 Tahun
Sebelum nya, saya bekerja di sebuah apotek, dan di apotek itu ada 5 pegawai termasuk saya. Saya karyawan baru. Dok, saya ngerasa tertekan dok, diri saya ngerasa tertekan dan serba salah dok. Padahal apa yg teman kerja saya suruh saya lakukan, saya lakukan dok, tapi kenapa rekan saya membenci saya dok? Mereka tidak menunjukkan kebencian nya kepada saya, namun mereka akan menunjukkan kebenciannya dibelakang saya dok, saya baru 2 bulan bekerja di tempat itu, tapi apa yg saya lakukan selalu salah dan saya selalu disalahin, sedangkan teman saya yg satu nya tidak pernah disalahin, saya harus apa dok? Saya hanya karyawan baru yg gaada kuasa dok, saya gapunya temen cerita disana dok, saya tertekan dok, saya gabisa cerita ke temen² kerja saya, karena saya tau mereka membenci saya dibelakang saya. Saya gapernah cerita ke orang tua saya setiap saya punya masalah dok, bahkan ketika saya lg butuh orang buat nampung rasa penat saya, tangis saya, ketika saya ingin melimpahkan rasa kesal dan sedih saya, saya gabisa limpahkan ke orang lain karena saya ga punya siapa² disana dok, semua orang selalu nyalahin saya dan saya ngomong jg pasti salah dok, saya bener² tertekan sekali dok, dan saya hanya bisa memendamnya sendiri dngn mendengar kan lagu menggunakan headset. Namun saya tipikal orang yg pemikir dok, saya gabisa cerita ke ortu atau siapapun, tapi mereka gatau kalo saya udh berat bngt ngalamin kek gini dok, saya udh bener² tertekan batin dan perasaan saya dok. Saya harus apa dok? Tolong bantu saya dok. Terima kasih ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AP

Ketahanan setiap orang dalam menghadapi stress dan masalah memang berbeda-bedaa. Saat sedang berada dalam suasana kerja yang baru diharapkan bisa beradaptasi dan membangun kerja sama yang baik dalam lingkungan kerja. Untuk itu saya sarankan agar anda sering berkomunikasi dengan pekerja lain, hindari perasaan sedang diacuhkan dan dibenci dibelakang anda, jangan pedulikan apa yang dibicarakan orang lain karena pada akhirnya pembicaraan tersebut tidak berpengaruh apa apa pada diri anda, berpikir positif dan laksanakan tugas pekerjaan yang ada sesuai dengan pedoman, tetap disiplin dan tunjukkan kinerja yang baik.

Anda juga harus bangun komunikasi dengan siapapun dan menceritakan masalah anda dengan orang terdekat seperti orang tua. Jika memang anda merasa tidak nyaman sebaiknya mencari tempat kerja baru. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres bisa dialami para politikus yang gagal dalam pemilu.

4 Cara Atasi Stres karena Kalah Pemilu

Tekanan jiwa atau stres berpotensi dialami para politikus yang gagal dalam pemilu. Penyebab utamanya adalah kehilangan aset.