Cara mengatasi rasa takut yang berlebihan

NS Info Penanya: NS, Wanita, 17 Tahun
Assalamualaikum wr wb Dok saya mau bertanya Knpa yaa saya seminggu yang lalu merasakan seperti takut akan mati hingga saya sempat di infus karna awalnya saya merasa magh perut saya sakit badan saya lemas,mual dan muntah .setelah cek darah ternyata sya terkena tipes, 3 hari saya di infus,nmn sya rasa tidak ada perubahanDan rasa takut itu masih ttp ada sampai sekarang, krng lebih 2 mingguan Kadang2 saya merasa tenang dn juga kadang merasa takut,resah dn pikiran negtif trs hingga membuat stres
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, N.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Rasa takut merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap orang. Biasanya muncul karena rasa khawatir yang berlebihan terhadap sesuatu yang sedang dihadapi saat ini. Rasa takut tidak boleh menetap terlalu lama di dalam diri seseorang. Karena jika menetap terlalu lama, maka akan mengganggu psikologis seseorang dan menyebabkan gangguan kecemasan

Seperti kondisi yang Anda alami saat ini. Rasa takut yang Anda rasakan kemungkinan akibat dari pemikiran-pemikiran yang irasional terhadap diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar Anda. Bisa berupa masalah seputar kesehatan, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dll. Untuk itu, kondisi ini harus segera diatasi agar tidak semakin berlarut.

Untuk mengatasi rasa takut ini, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Menenangkan diri.
  • Mengganti pola pikir ke arah yang lebih positif.
  • Tidak menghindari masalah.
  • Belajar bersyukur.
  • Belajar berbicara dengan orang sekitar. 
  • Melakukan meditasi.
  • Melakukan kegiatan-kegiatan kerohanian yang membuat Anda lebih dekat kepada Tuhan sehingga pikiran dan jiwa Anda tenang.

Jika cara diatas sudah Anda lakukan dan tidak ada perubahan, maka saya sarankan untuk Anda melakukan konsultasi langsung ke psikolog agar dapat diterapi dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan kecemasan dapat memengaruhi perasaan dan perilaku

Mengenal 6 Jenis Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan istilah yang umum digunakan untuk beberapa penyebab rasa gugup, ketakutan, dan kekhawatiran. Terdapat 6 jenis gangguan kecemasan dan memiliki penyebab serta gejala yang berbeda.