Merasa takut, malu dan sulit konsentrasi, apakah penyebabnya ?

PS Info Penanya: PS, Pria, 19 Tahun
pikirin saya bercabang saya sering berpikir yg aneh aneh membuat saya takut dan malu udh gt yg saya pikirkan susah untuk ngucapkan. dan tidak fokus saat mengerjakan pekerjaan saya jadi pelupa dan plin plan . saya sering malu saat bertemu dgn org org termasuk keluarga.bagaimana cara menyembuh kan nya ya Dok.,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, PS.

Setiap manusia pasti mempunyai masalah dalam hidupnya, yang kadang membuat kita berpikir negatif  sehingga mempengaruhi emosi dan perilaku kita. Jika hal tersebut berlangsung singkat dan tidak berefek terhadap kehidupan sosial, aktivitas sehari-hari ataupun pekerjaan, hal ini masih mungkin di anggap wajar. Namun jika berlangsung lama, menetap dan mempengaruhi/berdampak negatif terhadap aktivitas sehari-hari, hubungan sosial, pekerjaan dll mungkin perlu suatu penanganan lebih lanjut. Begitu halnya perasaan malu yang anda rasakan saat bertemu orang lain, perlu di telaah lebih lanjut apakah karena masalah tidak percaya diri, masalah hubungan personal dengan keluarga ataupun ada faktor lainnya. 

Yang anda rasakan kemungkinan berhubungan dengan gangguan cemas menyeluruh, stress akut, fobia sosial ataupun gangguan depresi. Untuk memastikannya perlu pemeriksaan lebih lanjut, sebaiknya anda ke dokter spesialis kejiwaan (psikiater) agar mendapat penanganan yang tepat.

Beberapa tips yang dapat anda lakukan, antara lain :

  • Olahraga 3 kali dalam seminggu, selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, juga menjaga kesehatan jiwa
  • Selalu berpikir positif
  • Istirahat yang cukup dengan tidur 6-8 jam pada malam hari
  • Konsumsi makanan yang sehat
  • Hindari atau kelola stress dengan baik
  • Berbagi dengan orang lain saat mempunyai masalah
  • Lakukan hobi yang anda senangi
  • Berusaha bersosialisasi
  • Berhenti percaya pada imajinasi anda
  • Mendekatkan diri dengan Tuhan

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

PS
21 Jun 2019, 10:33
terima kasih banyak dok .
N
17 Sep 2019, 15:49
Ini persis sama dengan yang saya alami, dan saya yakin 100% kisah anda ini belum lengkap semua anda ceritakan, saya mengalami ini pada tahun 2015 pada umur 24 tahun, berarti anda lebih cepat, dan saya yakin anda sudah tahu apa penyebabnya, saya juga demikian, tapi saya tidak tau bagaimana menyelesaikan masalah saya dengan penyebab itu, apakah anda juga demikian?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menyakiti diri sendiri menjadi salah satu gejala gangguan mental borderline personality disorder yang diderita Ariel Tatum. (Sumber foto: https://www.instagram.com/arieltatum)

Diderita Ariel Tatum, Seperti Apa Gangguan Jiwa Borderline Personality Disorder?

Selebritas Ariel Tatum memang sempat menghilang sejenak dari industri hiburan Indonesia. Ternyata, hal itu diakibatkan gangguan mental yang belum lama ini diakuinya. Seperti apa gejala dan cara menangani borderline personality disorder?