23 Dec 2020, 12:53Psikologi

Merasa sesak dan sering menangis

SM
Info Penanya: SM0
Salam dok, saya seorang remaja perempuan. Saya sering mendadak cemas tanpa tahu penyebab nya apa, lalu saya akan sesak nafas dan mual. lalu saya mendadak nangis sendiri, berhenti lalu menangis dan berhenti lagi. saat menangis saya memukul-mukul kepala saya karena saya merasa muak akan sesuatu tp saya tidak tahu apa dan kenapa. apa yang harus saya lakukan dok? terimas kasih
148 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang SM,Kecemasan adalah salah satu masalah psikologis yang bisa terjadi. Cemas sendiri merupakan hal yang wajar jika tidak berlebihan, tetapi jika rasa cemas sering kali timbul tanpa sebab jelas, menimbulkan perasaan yang mengganggu, sulit mengendalikan cemas sampai bisa menimbulkan keluhan fisik seperti:
  • Napas menjadi sesak dan cepat
  • Merasa lelah
  • Badan lebih lemah
  • Gemetaran
  • Sakit ulu hati
  • Masalah pencernaan seperti mual
  • Sakit kepala
  • Gangguan tidur
Jika terjadi keluhan tersebut dapat merupakan gangguan psikologis seperti misalnya gangguan kecemasan. Untuk mengatasinya perlu dilakukan beberapa cara seperti melakukan relaksasi, mengalihkan pada kegiatan dan pikiran positif, coba bercerita pada orang yang dipercaya untuk membantu melegakan perasaan dan jika masih tetap sulit coba ceritakan pada orang tua agar bisa dilakukan konsultasi pada dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiater.Nantinya akan dilakukan evaluasi mengenai keluhan yang dirasakan dan akan dilakukan konseling agar bisa diberikan penanganan untuk mengatasinya baik, dokter juga bisa melakukan psikoterapi ataupun pemberian obat jika diperlukan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan mentalgangguan kecemasangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil