Merasa sering melamun, tertekan, pendiam dan susah berkonsentrasi

AY Info Penanya: AY, Pria, 18 Tahun
Saya merasa akhir² ini sering melamun , merasa tertekan , takut kepada guru , pendiam , susah berkonsentrasi Guru tsb membuat masalah yang sepele menjadi masalah yang besar , tidak hanya itu dia berkata dengan nada yang tinggi dan perkataanya seolah olah membuat mental saya hilang , Tapi saya sulit untuk menceritakan masalah saya kepada orang lain Saya takut jika berbicara terhadap guru BK dapat menjadi masalah lagi dengan guru tsb Saya merasa tidak ada orang yang bisa saya percaya Apakah itu wajar saya alami di usia 16 tahun dan baru masuk SMA ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AY,

Seperti pembahasan di topik pertanyaan sebelumnya di tautan ini.

Kondisi yang AY alami dapat menimbukan gangguan dalam belajar, dimana jika didiamkan akan mengganggu prestasi belajar dan bukan tidak mungkin dapat membuat sulit memahami pelajaran dan menurunkan nilai-nilai dan lebih fatal jika sampai nantinya mempengaruhi nilai untuk kelulusan atau naik kelas. Selain itu hal tersebut dapat menjadi gangguan jika terus didiamkan yang dapat berpengaruh tidak baik pada kesehatan fisik dan juga mental AY.

Dalam kondisi seperti ini sulit jika dipendam atau mencoba menyelesaikannya sendiri, jika memang tidak bisa berbicara pada guru karena takut akan risiko lain ada baiknya AY untuk membicarakan hal ini dengan orang tua AY. Sehingga dapat dibantu untuk melegakan perasaan dan juga dapat menjembatani permasalahan ini dengan pihak sekolah. Atau oragn tua AY pun bisa membawa AY untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikolog sehingga bisa membantu AY menceritakan apa yang dialami sehingga bisa kembali ke sekolah dengan rasa percaya diri dan mampu mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik dan dapat berprestasi di sekolah.

Jangan ragu untuk meminta bantuan pada siapapun yang AY percaya untuk sekedar melegakkan perasaan ataupun juga membantu menyelasaikan masalah yang ada ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain sebagai ajang pamer, menyebarkan spoiler film terbaru, dianggap sebagai intimidasi.

Stop Sebarkan Spoiler Film! Ini Alasannya

Kekhawatiran akan beredarnya spoiler bahkan juga disampaikan oleh mereka yang terlibat dalam penggarapan film Avengers Endgame. Sutradara, kru, hingga pemainnya gencar menulis tagar dan menyebarkan poster bertuliskan #DontSpoilTheEndGame di media sosial.