06 Jul 2020, 21:05Psikologi

Bagaimana ciri gangguan kepribadian avoidant?

E
Info Penanya: E0
Permisi dokter, saya ingin berkonsultasi. Saya perempuan berumur 19 tahun, saya merasa bahwa diri saya semakin aneh, semakin tidak di mengerti. Saya menjadi lebih semakin tertutup, bahkan menjauhi teman teman saya satu persatu. Begitu pun dengan keluarga, saya menghindari keluarga saya, dan lebih memilih untuk berdiam diri dikamar sendiri. Saya tdk tau kenapa. Padahal jauh di dalam lubuk hati saya, saya ingin kembali bermain dengan teman saya, menghabiskan waktu dengan teman teman dan keluarga.
2345 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, E.Gangguan kepribadian adalah kondisi dimana seseorang memiliki pola pikir yang berbeda dengan orang normal, sehingga akan memengaruhi perilakunya sehari-hari. Salah satu gangguan kepribadian yang dikenal adalah avoidant, yaitu ketika seseorang menarik diri dan tidak ingin bersosialisasi. Padahal, manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, dimana bersosialisasi adalah salah satu kebutuhannya.

Beberapa ciri gangguan kepribadian avoidant adalah:

  • Menolak berada dalam lingkungan pekerjaan, pertemanan, maupun keluarga
  • Lebih memilih untuk menyendiri dan mengisolasi diri
  • Takut berbicara ketika terpaksa berada di lingkup sosial 
  • Merasa rendah diri
  • Cemas dan takut apabila dirinya dikritik atau ditolak
Dari kondisi yang Anda sampaikan, dimana Anda semakin tertutup dan menarik diri dari teman dan keluarga, ada kemungkinan Anda mengalami gangguan kepribadian ini. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memberanikan diri untuk berbicara kepada orang terdekat, atau kepada tenaga profesional seperti psikiater atau psikolog.Nantinya, akan dilakukan tanya-jawab yang mendalam untuk mengetahui penyebab yang tepat. Jika benar penyebabnya adalah gangguan kepribadian avoidant, maka mungkin akan diberikan psikoterapi atau obat-obatan untuk Anda. Tetapi, apabila penyebabnya adalah hal lain seperti trauma psikologis yang tidak disadari atau gangguan bipolar, maka akan diberikan terapi yang sesuai. Salam sehat,
dr Sylvia
gangguan mentalgangguan kepribadianpsikoterapi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil