14 Mar 2021, 16:52Pernapasan

Apa yang menyebabkan batuk disertai lemas dan pusing ?

YR
Info Penanya: YR0
Halo dok, saya ingin tanya, Ibu saya sedang sakit batuk dan mengkonsumsi obat dari apotek. Namun beberapa hari terakhir Ibu saya merasa lemas dan pusing padahal sudah makan, pandangan juga kabur, dan tiba-tiba jadi alergi jika kulitnya terkena air dingin dan deterjen. Kenapa ya dok Ibu saya seperti ini? Apakah ini efek dari obat yang dikonsumsi nya *Ibu saya mengkonsumsi obat Ambroxol HCL dari apotek
138 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Y.Saat orang tua sakit terlebih keluhan tidak kunjung membaik malah makin parah walau sudah mengkonsumsi berbagai obat, membuat anak menjadi cemas, takut dan binggung apakah harus membawa orangtua ke fasilitas kesehatan atau tidak, ditengah kondisi pandemi yang masih berlangsung.

Apa yang menyebabkan batuk disertai lemas dan pusing ?

Keluhan batuk yang ibu Anda rasakan dimana disertai dengan lemas, pusing, pandangan kabur dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Infeksi saluran pernafasan atas karena influenza disertai dengan gejala vertigo dimana pusing dicetuskan oleh perpindahan posisi secara tiba-tiba, anemia, tekanan darah rendah dan kelelahan.
  • Infeksi virus corona jika batuk diikuti sesak nafas, demam tinggi, kehilangan penciuman dan rasa. Namun beberapa pasien corona hanya mengalami batuk saja, untuk itu penting dilakukan swab jika sebelumnya ibu Anda kontak dengan pasien corona.
Keluhan kulit terasa gatal dan timbul ruam saat udara dingin dan terkena detergen dapat disebabkan oleh reaksi alergi dan dermatitis kontak iritan. Ibu Anda perlu menjaga kelembaban kulit, hindari kontak secara terus menerus dengan detergen, gunakan sarung tangan saat mencuci. Bukan karena pengaruh obat ambroxol yang dikonsumsi. Untuk mengatasi keluhan yang Ibu Anda alami, berikan Ibu Anda makan makanan bergizi tinggi, perbanyak konsumsi buah, sayur, air putih, tetap gunakan masker dan jaga jarak saat di rumah, konsumsi obat batuk, suplemen vitamin serta pelega tenggorokan seperti segelas air hangat dicampur dengan jeruk dan madu. Jika keluhan tidak kunjung membaik, segera lakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam atau spesialis paru.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Lidya Hapsari. 
infeksi saluran pernapasanvertigobatuk berdahak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil