Merasa orang disekitar mengetahui isi pikiran saya, mohon penjelasannya?

A Info Penanya: A, Pria, 20 Tahun
Assalamu alaikum.Saya merasa klu sya mengidap penyakit langka yg bernama satorare yg di mna orang di sekitar sya mengetahui isi pikiran saya tolong penjelasannya tentang penyakit yg sya alami?,dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Perasaan yang anda rasakan kita menyebutnya waham. Yaitu suatu keyakinan seseorang yang tidak sesuai dengan kenyataan yang tetap dipertahankan dan tidak dapat dirubah secara logis oleh orang lain. Ciri-cirinya tidak realistik, tidak logis, menetap, egosentris, diyakini keberannya oleh penderita, tidak dapat dikoreksi, dan dihayati oleh penderita sebagai hal yang nyata. Anda tahu bahwa satorare itu tidak ada? Siapa yang mengatakan anda menderita penyakit itu? Bagaimana mungkin orang sekitar bisa mengetahui isi pikiran anda?

Waham ada berbagai macam :

  1. waham kendali pikiran (thought of being controlled)
  2. waham kebesaran (delusion of grandiosity)
  3. waham tersangkut 
  4. waham bizarre 
  5. waham hipokondri, dan waham lainnya.

Pada kasus anda termasuk waham yang bizarre (aneh) dimana anda merasa pikiran anda dapat diketahui oleh orang lain seakan dapat membaca pikiran (thought broadcasting). Sebaiknya anda konsultasi dengan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa untuk mendapat terapi yang sesuai. Anda juga dapat membaca artikel mengenai jenis-jenis delusi yang ada.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh A
12 Sep 2019, 06:29
Terimakasih penjelasannya dok.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita gangguan mental sering mengalami halusinasi sehingga membutuhkan antipsikotik

Mengenal Antipsikotik Tipikal dan Atipikal untuk Pengobatan Psikosis

Antipsikotik adalah obat untuk penanganan gangguan mental seperti halusinasi, yang disebabkan oleh kondisi skizofrenia, gangguan bipolar, dan psikosis pospartum.