Nyeri pada pinggul, tulang ekor, dan kaki, kenapa?

W Info Penanya: W, Wanita, 18 Tahun
Saya merasa lemas , merasa sangat dingin sekali setiap malam, dan nyeri pada pinggul bawah , tulang ekor dan kaki , selalu merasa pusing , Kenapa kira kira yah dok? Terimakasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, W.

Nyeri adalah sensasi tidak nyaman yang bisa dirasakan di bagian tubuh mana saja. Nyeri bisa terasa seperti menusuk, meremas, menekan, dan lain-lain. Nyeri bisa datang kapan saja, menetap ataupun hilang timbul. Selain itu, derajatnya bisa ringan sampai berat.

Terkait keluhan Anda, nyeri yang dirasakan pada pinggul dan tulang ekor serta kaki bisa disebabkan oleh penyakit yang sama ataupun berbeda. Penyakit yang menimbulkan semua gejala tersebut misalnya nyeri otot dan penyempitan saraf tulang belakang (hernia nukleus pulposus). Jika disebabkan penyakit yang berbeda, nyeri pinggul bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih, batu kandung kemih, ataupun kehamilan; sedangkan nyeri pada kaki bisa disebabkan karena kram otot, kekurangan magnesium, serta banyak penyebab lainnya.

Oleh karena itu, disarankan agar Anda melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis orthopedi untuk mengetahui penyebab pastinya. Dokter mungkin akan merencanakan pemeriksaan MRI atau radiologi lainnya jika diperlukan. Apabila keluhan Anda bukan disebabkan oleh tulang, dokter akan merujuk Anda ke bidang spesialisasi yang terkait.

Untuk sementara, lakukan hal ini di rumah:

  • Hindari melakukan aktivitas yang terlalu lelah
  • Hindari mengangkat benda berat
  • Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti sayur-sayuran
  • Minum air putih yang cukup
  • Tidak begadang dan beristirahat teratur
  • Jika nyeri tak tertahankan, bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol sesuai dosis

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri otot berpotensi menjadi gejala radang otot kronis, seperti polimiositis.

Polimiositis, Radang Otot Kronis Akibat Nyeri Otot

Nyeri otot adalah kondisi dialami akibat adanya peradangan otot dan jaringan sekitarnya. Nyeri otot dapat merupakan gejala radang otot kronis, seperti polimiositis.