16 Sep 2019, 14:53Penyakit Lainnya

Merasa lemas, pusing, dan letih setelah berolahraga

QQ
Info Penanya: QQ, Pria, 2019 Tahun
Selamat malam dokter. Maaf sebelumnya jika saya mengganggu waktunya. 1. Saya setelah olahraga berapa menit atau jam kemudian saya merasa sangat pusing,letih,lemas. Jadi apakah saya mempunyai penyakit?? Jika ada apa saran dari dokter supaya saya kalau olahraga tidak seperti itu lagi. 2. Minuman yang menggandung banyak protein itu seperti apa..? Apakah bisa seperti L-Men protein atau yang lainnya..? 3.apakah ada obat atau vitamin untuk saya yang sering terkena anemia dan juga vitamin B12 serta zat besi...?? Maaf ya dokter jika saya mempunyai beberapa pertanyaan dan terimakasih jika anda telah menjawab. Selamat malam.
39654 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang QQ,Keluhan yang dialami setelah berolahraga dapat merupakan hal normal tetapi perlu diwaspadai jika sering timbul, penyebabnya sendiri diantaranya adalah:
  • Kekurangan cairan atau dehidrasi
  • Kadar gula darah yang rendah
  • Tidak biasa berolahraga atau baru pertama kali berolahraga yang cukup berat
  • Memiliki gangguan kesehatan seperti anemia, vertigo, gangguan jantung, gangguan paru atau kondisi medis lainnya
Untuk itu penting agar melakukan pemanasan sebelum berolahraga, melakukan olahraga secara bertahap dari intensitas ringan ke berat dan melakukan cooling down setelahnya, hindari gerakan-gerakan berubah posisi secara tiba-tiba, cukupi kebutuhan cairan dan juga upayakan makan 1-2 jam sebelum berolahraga dan lakukan latihan atau olahraga secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.Untuk suplemen bagi penderita anemia sendiri tergantung dari penyebabnya jika anemia terjadi karena kekurangan zat besi maka dapat diberikan suplemen zat besi, jika kekurangan B12 atau asam folat maka suplemen disesuaikan. Selain itu penting juga untuk menjaga asupan makanan kaya vitamin dan mineral untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan tubuh. Minuman kaya protein sendiri beragam bisa produk susu kacang, ataupun produk susu suplemen tetapi perhatikan kandungan dan kebutuhan harian protein ya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
olahragatips olahragapusingkelelahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil