Merasa ingin menangis terus

AP Info Penanya: AP
Malam dok, saya mau nanya. Akhir akhir ini saya rasanya ingin menangis terus, tetapi tidak tahu sebabnya apa. Jadi tiba - tiba rasanya kepengen nangis. Itu kenapa ya dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AP,

Rasa sedih merupakan salah satu perasaan yang wajar terjadi. Penyebabnya sendiri bisa beragam mulai dari tekanan stres yang tinggi, hal-hal yang kurang disenangi, kehilangan orang dekat, kesepian, peristiwa yang menyedihkan, luapan emosi dan lainnya. Jika sering merasa sedih tanpa sebab yang jelas, perlu untuk menghindari faktor-faktor yang memicunya seperti misalnya sering menyendiri, tidak memiliki teman untuk berbagi cerita, menyimpan beban sendirian dan lainnya.

Untuk itu perlu dilakukan beberapa hal seperti menjalankan aktivitas yang disenangi, melakukan kegiatan yang dapat mengalihkan rasa sedih seperti berolahraga, bersosialisasi, bermain game dan lainnya. Jika perubahan perasaan dirasa sering kali timbul dan naik turun dengan drastis di waktu yang singkat perlu diwaspadai karena bisa terjadi gangguan suasana perasaan.

Anda juga bisa memeriksakan diri pada dokter ahli jiwa atau psikolog jika keluhan yang dirasakan semakin mengganggu seperti misalnya kesedihan berkepanjangan, merasa tidak berharga, menjadi menarik diri dari pergaulan, atau jika timbul keinginan untuk menyakiti diri sendiri karena bisa menandakan terjadinya depresi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Depresi adalah gangguan mental yang menjadi penyebab kecacatan tertinggi kedua setelah HIV/AIDS

Penyebab Depresi dan Perbedaannya Berdasarkan Jenis Kelamin

Penyebab depresi cukup berbeda di antara wanita dan pria. Dalam penyebab depresi pada wanita, depresi dapat dipengaruhi oleh faktor biologis, ekspektasi sosial, dan lain-lain. Sementara dalam penyebab depresi pada pria dipengaruhi oleh penggunaan obat terlarang, kekerasan seksual sewaktu kecil, dan lain-lain.