Merasa ingin buang air kecil terus menerus

AP Info Penanya: AP, Pria
Kenapa saya merasa ingin buang air kecil melulu ya dok, padahal tdak sama sekali, emng kejala nya ap ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AP,

Timbul keinginan seperti buang air kecil yang sering tetapi tidak keluar atau dikenal dengan istilah anyang-anyangan dapat dipicu oleh sejumlah penyebab seperti:

  • Infeksi pada saluran kemih, ditandai dengan perubahan frekuensi buang air kecil, nyeri saat buang air kecil, urine menjadi keruh, nyeri perut dan lainnya
  • Infeksi menular seksual dapat disertai keluarnya duh atau cairan dari kemaluan ataupun tidak
  • Efek obat tertentu
  • Adanya gangguan pada prostat seperti infeksi pada kelenjar prostat
  • Masalah pada kandung kemih 
  • Masalah ginjal seperti batu ginjal

Untuk itu perhatikan gejala apa yang menyertai dan periksakan diri pada dokter agar dipastikan penyebabnya nantinya juga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan sepreti lab darah, tes urine, USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. 

Upayakan banyak minum air putih, hindari menahan keinginan untuk buang air kecil, gunakan pakaian yang tidak ketat, hindari makanan minuman yang memicu keinginan buang air kecil seperti soda, kopi, ataupun minuman kemasan, dan segera periksakan diri pada dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu di kandung kemih

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Perjalanan Mudik

Kemacetan saat mudik membuat seseorang menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Padahal, terdapat bahaya menahan buang air kecil saat mudik yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kandung kemih.