12 Jun 2021, 22:29Psikologi

Merasa hidup hampa dan kosong, apakah gejala depresi ?

Z
Info Penanya: Z0
Halo dok, saya seorang perempuan dengan usia hampir 18 tahun. Beberapa bulan terakhir, hidup saya rasanya kosong, hampa, dan hambar sekali. Saya gatau ini kenapa karena datangnya seperti tiba tiba, tapi rasanya ga pernah ilang, rasanya hidup kaya hanya sebatas bangun dipagi hari lalu tidur di malam hari. Rasanya ibadah pun yang biasanya setelah ibadah merasa lebih tenang dan damai, ini rasanya kosong... itu kenapa ya dok, apakah ada solusinya? saya ga pengen kaya gini lagi dok....
2735 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Z.Perasaan hampa, hidup terasa kosong, tidak bermakna, hambar, dapat dialami setiap orang. Namun paling sering terjadi pada wanita remaja, usia produktif yang tidak memiliki teman dekat untuk berbagi masalah.

Apa yang menyebabkan perasaan hampa ?

Anda yang merasa hampa dan kosong dimana aktifitas sehari-hari menjadi tidak bermakna begitu pula dengan ibadah yang seharusnya membuat hati lebih tenang dan damai malah tidak berpengaruh apa-apa, dapat disebabkan oleh berbagai faktor antara lain :
  • Doa yang tidak kunjung terkabul.
  • Merasa tersakiti oleh kata-kata atau perbuatan orang lain.
  • Merasa minder dengan bentuk fisik yang dimiliki.
  • Kegagalan berulang kali.
  • Masalah yang tidak diatasi.
  • Kurangnya kasih sayang dari keluarga.
Perasaan hampa juga dapat Anda rasakan karena depresi, trauma akan suatu kejadian (PTSD), atau stress akibat suatu masalah.Untuk mengatasi keluhan Anda, Anda dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan menyenangkan seperti bermain musik, menonton film, membuat kue, shopping, olahraga, jalan-jalan dan usahakan tidak menyendiri. Konsultasi ke psikiater jika rasa hampa yang Anda alami membuat Anda ingin menyakiti diri sendiri.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
mengatasi depresipenyebab depresipsikoterapi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil