13 Jun 2020, 21:47Psikologi

Merasa hampa dan perasaan yang berubah-ubah

A
Info Penanya: A0
Halo dok, saya bingung dengan apa yang saya rasakan dok.Malam ini,saya merasa sangat hampa seperti tidak ada satupun yang peduli kepada saya.namun, keesokan paginya saya akan merasa sangat bahagia, lalu bisa saja saya tiba tiba merasakan insecure.Dan hal itu terus saja berulang seperti ini.Apakah itu adalah hal yang wajar terjadi diusia saya dok?bagaimana cara saya bisa mengatasi permasalahan ini dok? Terimakasih.
8973 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang A,Masalah mental adalah salah satu hal yang perlu diwaspadai, karena bisa berpengaruh pada kehidupan sehari-hari. Perasaan yang mudah berubah-ubah baik dari tiba-tiba sedih menjadi tiba-tiba senang merupakan salah satu hal yang tidak boleh disepelekan.Adanya perasaan yang berubah ubah bisa mengarah pada dua fase yaitu yang lebih mengarah pada depresi seperti:
  • Merasa sedih, kehilangan minat mengerjaan aktivitas, merasa bersalah, menarik diri dari pergaulan ataupun sampai keinginan menyakit diri sendiri merupakan fase depresi.
Kondisi ini bisa juga tiba-tiba berubah menjadi fase manik yang ditandai dengan:
  • Tiba-tiba merasa senang, sangat berenergi dan juga bisa sangat bahagia, menjadi tidak butuh tidur, tidak bisa diam dan aktif, merasa percaya diri berlebih
Jika sering kali terjadi dan berubah-ubah dengan cepat maka bisa terjadi gangguan suasana perasaan. Dan bisa berisiko terjadi gangguan yang disebut dengan bipolar. Tapi untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan dan wawancara mendalam dengan dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiater.Nantinya akan dilakukan wawancara psikiatrik mengenai kondisi yang terjadi. Penanganan sendiri akan dilakukan baik dengan konseling, psikoterapi ataupun pengobatan untuk menjaga suasana perasaan tetap stabil. Jadi jangan ragu untuk menceritakan apa yang dialami terutama pada orang tua, agar diantar berkonsultasi pada psikiater. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
bipolarkesehatan mentalgangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil