Merasa demam tapi suhu tubuh normal, penyakit apakah itu?

AK Info Penanya: AK, Pria, 50 Tahun
Dok, dua hari ini saya merasakan kondisi seperti demam tapi saya ukur dengan termometer 36,1°C, dalam tubuh seakan merasakan panas,tubuh meriang tetapi dipegang orang lain tubuh tidak panas, normal gitu dok, tenggorokan suka kering,sehingga saya sering minum air, sehari sangat lebih dari biasanya.Bangun tidur beberapa hari ini terasa lemas, seakan berat untuk bangun, mata terasa pegal. Apa saya perlu periksa atau apa ada tanda tanda suatu kelainan/penyakit dalam tubuh saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Demam adalah suatu kondisi dimana suhu tubuh mengalami kenaikan yang lebih dari 38 derajat celcius. Demam menandakan bahwa terjadi sesuatu di dalam tubuh. Penyebabnya yaitu infeksi virus, infeksi bakteri, kelelahan, radang persendian, tumor ganas, imunisasi, dan efek dari obat-obatan tertentu. 

Gejala yang Anda alami ini bukan merupakan gejala demam dalam arti yang sesungguhnya, karena suhu tubuh Anda 36,1 derajat celcius. Perasaan panas dan meriang yang Anda rasakan ini bisa saja akibat dari psikis Anda. Gejala fisik yang timbul akibat gangguan psikis dinamakan gangguan psikosomatik. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena gangguan cemas, panik, stres, banyak pikiran, dll. Sedangkan tenggorokan yang terasa kering dan badan yang lemas bisa karena gangguan psikosomatik, gejala awal radang tenggorokan, dan dehidrasi. 

Untuk mengatasi hal ini, yang bisa Anda lakukan yaitu hindari stres, panik, dan cemas yang berlebih. Lalu, lakukan hal-hal positif seperti rutin berolahraga, makan makanan yang bergizi, konsumsi vitamin C, banyak minum air putih hangat, dan membatasi berita yang didengar sehingga seiring berjalannya waktu kondisi Anda semakin cepat pulih.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perawatan kesehatan rutin untuk pria dibagi berdasarkan waktunya, seperti perawatan kesehatan harian, bulanan, enam bulan, dan saat tertentu

Panduan Perawatan Kesehatan Rutin untuk Pria agar Tetap Sehat dan Bugar

Perawatan kesehatan rutin untuk pria sebaiknya dilakukan dengan rutin untuk menjaga kondisi tubuh. Bentuk perawatan kesehatan pria tersebut, antara lain: perawatan harian, perawatan bulanan,, perawatan enam bulanan, dan perawatan pada saat tertentu