Merasa cemas, pikiran kosong dan berfikir negatif pasca melahirkan anak pertama 6 bulan belakangan

RA Info Penanya: RA, Wanita, 20 Tahun
Dok saya mau bertanya, semenjak 6bulan belakangan ini sejak saya melahirkan anak pertama. Saya merasa suka cemas, dan pikiran kosong, dan selalu berfikir yang negatif. Saya bingung harus bagaimana?? Mohon jawabanya dok terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang RA

Kondisi perubahan mood, kecemasan, pikiran kosong, badan terasa lemas, gangguan konsentrasi pasca melahirkan disebut sebagai depresi post partum. 

Keadaan ini bisa terjadi dalam beberapa minggu hingga 1 tahun pasca melahirkan. Penyebab utama belum jelas, namun depresi pasca melahirkan ini sering terjadi pada wanita yang memiliki riwayat kecemasan selama kehamilan, memiliki masalah dalam lingkungan seperti finansial, kurangnya support dari keluarga dan pasangan hidup, perubahan hormonal selama hamil dan melahirkan dan riwayat trauma sebelumnya.

Saya sarankan anda untuk melakukan pola hidup sehat, hindari pembebanan kerja yang berat, curahkan perasaan dan masalah anda dengan pasangan hidup atau orang terdekat, berpikir positif utuk mengurus bayi anda, temukan hobi baru yang menyenangkan, lakukan olahraga karena telah terbukti menekan depresi. 

Selain itu anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kejiwaan atau psikiater untuk tatalaksana lanjutan. Pada wanita pasca melahirkan dengan depresi dapat dipertimbangkan pemberian obat antidepresi, psikoterapi dan terapi kognitif mental. Pemberian tatalaksana dapat memberikan perbaikan yang signifikan. 

Salam sehat

dr.Zulham Effendy

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gunakan waktu weekend sebaik-baiknya, agar Anda tidak terkena Monday blues.

5 Cara Mengatasi Monday Blues untuk Anda yang Benci Hari Senin

Ketika Senin pagi datang, setelah dua hari di akhir pekan yang menyenangkan, tiba-tiba Monday blues menyerang. Rasa sedih, lesu, hingga kewalahan bisa Anda rasakan, saat Monday blues datang. Bagaimana cara mengatasi Monday blues?