Merasa cemas dan mood naik turun

AK Info Penanya: AK, Wanita
Dok kenapa ya saya akhir² ini sering cemas, mood suka naik turun , tiba² pengen nangis tanpa sebab. Merasa sendirian di waktu tertentu, rasanya kayak tertekan dok sama keadaan sekitar.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AK,

Keluhan yang Anda rasakan dapat dipicu oleh beragam hal sehingga membuat kondisi mental terasa tidak sehat. Faktor pencetus seperti stres, beban kerja, kondisi ekonomi, sosial, hubungan dengan orang dekat, menderita sakit tertentu bisa menjadi salah satunya. Untuk itu diperlukan kondisi yang lebih kuat sehingga beban ini tidak terus-menurs membebani.

Jika kondisi cemas, merasa sedih berkelanjutan, sampai menimbulkan rasa kehilangan minat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, menarik diri dari pergaulan, timbul keinginan menyakiti diri sendiri, merasa tidak berharga maka bisa menjadi kondisi depresi.

Perlu dilakukan mekanisme pertahanan diri dengan berpikir lebih positif, cukup beristirahat, lakukan kegiatan yang disenangi untuk refreshing, mengonsumsi makanan bernutrisi baik, cukup tidur, dan berbagi cerita dengan orang yang Anda percaya atau pada orang terdekat bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi beban yang ada dan membantu menyelesaikannya. Jika kesulitan ada baiknya untuk meminta bantuan pada profesional agar dilakukan evaluasi dan penanganan seperti pada dokter spesialis jiwa agar nantinya dilakukan penanganna baik konseling ataupun juga pengobatan jika diperlukan. Semoga bermafanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tipe kepribadian memiliki 4 tipe pengelompokan kepribadian manusia

Riset Terbaru: Tipe Kepribadian Hanya Dikelompokkan Menjadi 4 Jenis

Sebelumnya, Gordon Allport mempopulerkan 16 tipe kepribadian manusia. Namun, penelitian terbaru menunjukkan hanya ada 4 jenis kepribadian manusia, yaitu Average, Reserved, Role Models, dan Self-centered.