22 Jun 2020, 18:50Psikologi

Apa gejala gangguan kecemasan?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 16 Tahun
Malam dok, saya mau tanya. Kenapa setiap saya berada dalam interaksi sosial, tempat ramai atau mengingat kejadian yg saya takuti. Saya merasa gelisah, takut, dada berdebar, dan menangis dok. Hal ini udah saya rasakan semenjak SD kelas 4 yg pada waktu itu bahkan saya tidak mau sekolah, karena masalah lingkungan pertemanan dan masalah ini pun berkelanjutan dok. Dan Karena akhir akhir ini saya baru mengetahui bahwa ada penyakit kecemasan, saya ingin tanya apakah yg saya alami ini termasuk itu dok?
4589 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, SU.Gangguan kecemasan adalah kondisi ketika seseorang merasa cemas berlebihan, hampir setiap waktu, kepada hal-hal yang belum tentu terjadi. Seseorang dikatakan menderita gangguan kecemasan apabila telah merasakan kondisi ini lebih dari enam bulan berturut-turut.

Salah satu jenisnya adalah gangguan kecemasan umum, yang ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Sering khawatir akan hal-hal apapun, baik di masa lalu maupun masa depan
  • Gelisah dan sulit berkonsentrasi
  • Menarik diri dan malas bergaul dengan orang lain
  • Berkeringat dingin
  • Jantung berdebar
  • Pada kondisi tertentu, bisa disertai pusing, mual, ataupun muntah, maupun gejala fisik lainnya
Terkait kondisi yang Anda sampaikan, untuk menegakkan diagnosis gangguan kecemasan perlu dilakukan tanya-jawab yang cukup mendalam oleh psikiater atau psikolog. Selain itu, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, apabila diperlukan. Dengan demikian, dapat diketahui apakah Anda memang menderita gangguan kecemasan atau hanya cemas biasa karena hormon remaja. Atau mungkin saja, ini adalah penyakit lain seperti PTSD atau depresi.Jadi, Anda bisa sampaikan masalah ini kepada orang tua ya, agar orang tua dapat mendampingi berobat. Selain itu, menceritakan masalah juga dapat menenangkan pikiran. Anda juga dapat mencoba melakukan meditasi atau yoga untuk mengurangi kecemasan yang Anda alami. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
gangguan kecemasangangguan kecemasan umumgangguan kecemasan sosial
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil