24 Sep 2021, 17:16Psikologi

merasa takut bila di depan umum harus bagaimana?

AN*
Info Penanya: AN*0
dok, saya sering merasakan cemas berlebih kalau di tempat umum dan juga kadang di sekolah. dan barusan saya di suruh ikutan lomba, entah kenapa saya jadi pengen nangis. akhirnya saya nangis karena takut ketemu sama orang, takut diliatin sama orang. pertanyaannya adalah, apa ini termasuk gejala fobia sosial apa gimana? terus yang harus saya lakukan biar engga nangis pas ketakutan gimana? saya khawatir bakal ganggu kehidupan :( tolong di jawab ya dong terima kasih^^
110 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang BFobia merupakan rasa takut yang berlebihan terhadap suatu hal baik itu benda, hewan, orang ataupun tempat. Fobia keramaian dimana anda merasakan takut dan cemas berlebih saat berada di tempat umum atau kerumunan.

Gejala-gejala Mengalami Ketakutan Atau Fobia

Saat mengalami rasa ketakutan maka akan dirasakan berbagai gejala. gejala-gejala tersebut yakni:
  • Detak jantung cepat atau ebrdebar
  • sesak nafas
  • mual
  • pusing
  • keringat dingin
  • sakit perut
  • diare
  • menangis
Kondisi ini akan semakin parah saat anda diminta untuk melakukan suatu kegiatan di keramaian seperti mengikuti perlombaan, yang membuat rasa takut anda semakin menjadi-jadi. Adanya fobia keramaian ini berkaitan dengan suatu pengalaman traumatis dari kejadian masa lalu seperti kecelakaan, pernah tersesat, pelecehan, tindak kekerasan fisik, pola asuh orang tua yang terlalu protektif, atau adanya riwayat keluarga dengan fobia.

Mengatasi Ketakutan Atau Fobia

Namun untuk menangani dan memastikan kondisi anda, sebaiknya berkonsultasilah dengan psikolog atau psikiater. Hal lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi fobia ini adalah dengan:
  • Segera menghindari kerumunan
  • Tenangkan diri dengan bernafas secara teratur
  • Menghirup aromaterapi yang bisa menenangkan
  • Minum air putih yang banyak
  • Berusaha berpikiran positif
  • Memeluk diri sendiri dan berkata semua akan baik-baik saja
  • Mencoba untuk melawan rasa takut terhadap keramaian secara bertahap
  • Meminta bantuan orang yang bisa anda percaya
  • Berolahraga rutin bisa menurunkan stres
Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
gangguan mentalkesehatan mentalfobiagangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil