30 Nov 2020, 17:10Psikologi

Merasa aneh dengan diri sendiri, kenapa?

VK
Info Penanya: VK, Wanita, 15 Tahun
Dok, saya dari dulu selalu tiba tiba merasa "ini saya bener ya dari keluarga ini?" "mereka semua keluarga saya?" "ini ibu dan ayah saya?" merasa aneh gitu dengan keadaan sekitar, kayak linglung? tapi waktu saya merasakan itu, aneh rasanya. Like i am feeling blue, bener bener ganyaman, itu kira kira kenapa dok?
7070 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, VTerima kasih atas pertanyaan AndaMerasa hal aneh yang terjadi pada diri sendiri, atau merasa asing pada diri sendiri salah satunya bisa terjadi karena adanya gangguan kepribadian. Gangguan kepribadian depersonalisasi merupakan jenis gangguan kepribadian yang mempengaruhi cara seseorang terhubung dengan diri sendiri sehingga merasa tidak berhubungan dari tubuh dan pikirannya. Oleh karena itu, gangguan kepribadian ini bisa menyebabkan seseorang merasa bahwa dirinya tidak nyata. Kondisi ini bisa dirasakan hanya beberapa manit ataupun beberapa tahun.

Adapun tanda dan gejala dari gangguan depersonalisasi adalah:

  • Berpikir bahwa kondisi dan ingatan yang dimiliki merupakan milik orang lain
  • Merasa ada yang salah dengan dirinya
  • Menghindari bercermin
  • Merasa terpisah dari diri sendiri (merasa asing)
  • Mati rasa
Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab dari gangguan depersonalisasi, namun adanya riwayat taruma,stres, ataupun karena adanya masalah psikologis dan keshetaan lain kerap dikaitkan dengan kondisi ini. Terkait dengan apa yang Anda rasakan, bila kondisi ini sudah sering kali Anda rasakan dan dirasa sudah menggangu aktvitas sehari-hari serta hubungan sosial Anda dengan orang lain alangkah baiknya lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis jiwa terdekat dari lokasi Anda. Usahakan agar Anda bercerita bila Anda sedang ada masalah kepada orang terdekat yang Anda percayai, konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, lakukan hobi Anda, berusaha untuk selalu berpikiran positif, lakukan olahraga ringan secara rutin dan  jaga kebersihan diri serta lingkunagn sekitar agar tubuh tetap sehat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
masalah kejiwaangangguan kepribadiangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil