merasa ada yg tidak enak di badan (seperti pundak pegal, nafas tidak lancar atau gara2 tidur siang) jam tidur saya jd sekitar jam 03.00

LO Info Penanya: LO, Wanita, 26 Tahun
Dokter, saya Lusi dan ingin bertanya. Saya punya waktu tidur/istirahat mulai dr jam 23.00 - 00.30 dan bangun di sekitar jam 06.00. Disisi lain, kalo saya merasa ada yg tidak enak di badan (seperti pundak pegal, nafas tidak lancar atau gara2 tidur siang) jam tidur saya jd sekitar jam 03.00.Sebenarnya apa yang terjadi dengan tubuh saya? Kalo ada yang salah, mohon arahannya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, LO

Tidur merupakan keadaan istirahat seluruh organ tubuh. memiliki waktu tidur yang cukup memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ada beberapa efek jika Anda mengalami gangguan tidur  seperti:

  • Resiko memiliki penyakit jantung
  • badan terasa pegal-pegal
  • Gangguan pernafasan.
  • Gangguan emosi yang buruk,
  • Tekanan darah tinggi
  • Daya ingat menurun
  • Diabetes
  • Obesitas, dan penurunan gairah seksual.

Kebutuhan waktu tidur beragam tergantung usia. Semakin bertambah usia, maka kebutuhan tidur akan semakin berkurang. Rata-rata waktu tidur usia dewasa yaitu sekitar 7-9 jam per hari. Dan pada usia 65 tahun ke atas, waktu tidur akan berkurang hingga hanya 7-8 jam per hari.

Jadi, dari penjelasan Anda, Anda hanya tidur sehari rata-rata 6 jam dalam sehari. dan keluhan ada seperti  badan pegel-pegel,  dan sukar bernafas  bisa kemungkinan dari kurang tidur. Anda juga perhatikan posisi tidur, gunakan kasur yang empuk,jangan menggunakan alas yang keras, rajin olahraga, dan abanyak makan buah dan sayuran ya.

Jika keluhan sesak dan badan pegel-pegelnya tidak kunjung membaik. sebaiknya Anda periksa langsung ke dokter terdekat agar dida[atkan penyebab pasti badan Anda pegel-pegel tersebut.

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Anugerah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketika seseorang menderita narkolepsi, ia sering mengantuk di pagi atau siang hari dan terjaga di malam hari

Cara Mengatasi Susah Tidur Bagi Penderita Narkolepsi

Penderita narkolepsi kerap merasa lesu di tengah aktivitas. Cara mengatasi susah tidur bisa dengan olahraga atau menyusun jadwal.