Merapikan gigi bagaimana caranya?

AS Info Penanya: AS, Pria, 18 Tahun
bagaimana cara merapihkan gigi yang tidak rapih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AS,

Gigi yang rapi tentunya akan menunjang penampilan seseorang dan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Karena saat berbincang-bincang, pandangan akan terfokus pada area wajah termasuk gigi.

Metode untuk merapikan gigi yang tidak beraturan posisinya tergantung pada seberapa parah kondisi giginya. Dan tentunya gigi ini perlu dipasang kawat gigi atau behel.

Seringkali dokter akan melakukan pencabutan beberapa gigi, sehingga ada tempat kosong agar posisi gigi-gigi yang lain bisa bergeser maju atau mundur dan pada akhirnya akan menjadi rapi. Hal ini dibutuhkan waktu beberapa tahun, karena gigi akan bergeser secara perlahan. Dan perlu perawatan gigi secara berkala karena kawat gigi perlu diatur kerapatannya.

Hindari pemakaian kawat gigi hanya untuk sekedar bergaya. Karena ketika dipasang kawat gigi, maka sisa makanan akan sering nempel di kawat gigi, dan bila tidak rajin sikat gigi maka akan menimbulkan gigi berlubang dan bau mulut.

Lakukan konsultasi dengan dokter gigi untuk penanganan yang terbaik.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dokter gigi anak secara khusus menangani masalah-masalah gigi anak

Mengapa Pilih ke Dokter Gigi Anak? Ini Penjelasannya

Dokter gigi anak dapat menangani masalah kesehatan gigi dan mulut anak, namun juga memerhatikan kondisi psikologis anak. Apa saja bedanya dokter gigi anak dengan dokter gigi umum?