Menyusui saat hamil, amankah?

AI Info Penanya: AI, Pria, 28 Tahun
Assalamualaikum. Dok, bisakah wanita hamil tetap menyusui anak mereka?Saat ini istri saya sedang hamil 2 bulan, namun anak saya yang lain baru berusia 1 tahun dan masih menyusui, Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Walaikum salam Bapak AII,

Kehamilan dapat saja terjadi walaupun Ibu sedang menyusui, apalagi bila Ibu belum sempat memakai alat KB.

Saat ini Ibu dapat saja melanjutkan memberikan ASI kepada bayi Ibu sampai berusia 1 tahun, namun sebaiknya sudah ditambah dengan makanan bayi dan susu pengganti ASI. Adalah penting untuk tetap memperhatikan kesehatan tubuh Ibu saat ini dan kecukupan gizi yang Ibu dapat untuk mencukupi ibu dan janinnya. Pada usia 1 tahun, anak sudah seharusnya makan makanan yang sama dengan orang dewasa dan ASI bukan lagi sebagai pemenuhan kebutuhan gizi utama pada bayi sehingga sebaiknya bila kondisi ibu tidak memungkinkan, maka ASI dapat di berhentikan saja.

Tidak ada efek sampaing yang berarti untuk janin Ibu dalam kandungan bila Ibu tetap memberikan ASI untuk anak Ibu, selama Ibu memperoleh cukup makanan bergizi dan istirahat. Ingatlah untuk selalu santai dan tidak memaksakan diri melakukan kegiatan yang membahayakan Ibu dan Janin.

Selalu ingat untuk melakukan kontrol kandungan rutin bulanan ke Bidan atau Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan.

Dan adalah hal yang penting dilakukan yaitu memakai alat KB atau penunda kehamilan saat melahirkan nanti. Karena menunda kehamilan sangat penting untuk menjaga kesehatan Ibu dan kuaalitas anak-anak yang dilahirkan nantinya.

Semoga kehamilan Ibu berjalan lancar sampai saatnya melahirkan nanti.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keamanan menyusui saat hamil masih banyak diperdebatkan

Amankah Menyusui saat Hamil? Ini Penjelasannya

Hamil lagi setelah melahirkan dapat terjadi pada sebagian orang. Kondisi di mana ibu hamil perlu menyusui bayinya yang masih kecil pun kerap ditemui. Di sisi lain, keamanan menyusui saat hamil masih banyak diperdebatkan.