Menyusui Saat Hamil

MT Info Penanya: MT, Wanita, 25 Tahun
Halo dok, saya ingin bertanya mengenai kehamilan saya yang kurang lebih berusia 16 minggu dan saya sudah memiliki anak pertama yang berusia 9 bulan. Apakah saya masih bisa menyusui dan apakah setelah melahirkan, ASI saya masih mengandung kolostrum? Selain itu, apakah ada efek sampingnya untuk janin saya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu MT,

Kehamilan dapat saja terjadi walaupun Ibu sedang menyusui, apalagi jika Ibu belum sempat memakai alat KB.

Saat ini Ibu dapat saja melanjutkan memberikan ASI kepada bayi Ibu sampai berusia 1 tahun. Namun, sebaiknya sudah ditambah dengan makanan bayi dan susu pengganti ASI. Penting untuk tetap memperhatikan kesehatan tubuh Ibu saat ini dan kecukupan gizi yang Ibu dapat.

Tidak ada efek sampaing yang berarti untuk janin Ibu dalam kandungan bila Ibu tetap memberikan ASI untuk anak Ibu, selama Ibu memperoleh cukup makanan bergizi dan istirahat. Ingatlah untuk selalu santai dan tidak memaksakan diri melakukan kegiatan yang membahayakan Ibu dan Janin.

Kolostrum adalah jenis susu yang diproduksi pada tahap akhir kehamilan dan hari – hari diawal melahirkan. Jadi produksi kolostrum akan tetap ada selama Ibu masih hamil dan melahirkan. Tidak terbatas berapa kali untuk kehamilan dan melahirkan yang Ibu alami.

Kami selalu sarankan untuk melakukan kontrol kandungan rutin bulanan ke Bidan atau Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan.

Dan adalah hal yang penting dilakukan yaitu memakai alat KB atau penunda kehamilan saat melahirkan nanti. Karena menunda kehamilan sangat penting untuk menjaga kesehatan Ibu dan kuaalitas anak-anak yang dilahirkan nantinya.

Semoga kehamilan Ibu berjalan lancar sampai saatnya melahirkan nanti.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sashimi adalah salah satu pantangan makanan ibu hamil

Apa Saja Pantangan Makanan Ibu Hamil?

Memang benar bahwa ada sederet pantangan makanan ibu hamil yang sebaiknya tidak dikonsumsi. Bakteri dan parasit berbahaya bisa masuk lewat apa yang dimakan ibu. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil harus melupakan dulu menikmati makanan favorit mereka seperti sushi, sashimi, hingga steak setengah matang.