Apakah boleh menyusui saat hamil?

NO Info Penanya: NO
Apa boleh menyusui sedang hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NO,

Menyusui adalah salah satu sumber asupan makanan bayi terutama di 6 bulan pertama kehidupan dan bisa dilanjutkan sampai usia 24 bulan. Jika saat masa menyusui ini kembali hamil sebenarnya masih tetap bisa menyusui tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sperti perubahan volume ASI yang bisa menjadi lebih sedikit, adanya perubahan pada rasa ASI, dan juga perlu upaya ekstra dari ibu agar tetap bisa memenuhi nutrisi baik baik ibu, janin dan anak yang sedang disusui.

Perhatikan apabila usia anak sudah cukup besar seperti lebih dari 1 tahun lalu kondisi kehamilan kembar, pernah keguguran, ada kontraksi yang sering, ataupun ada risiko kelahiran prematur maka menyusui saat hamil baiknya dihentikan karena rangsangan pada puting bisa memicu hormon yang membuat terjadinya kontraksi pada rahim. 

Bisa dilakukan penyapihan dari ASI jika sudah cukup besar dan berikan susu formula. Tetapi jika masih dibawah 6 bulan baiknya tetap berikan ASI ekslusif. Lakukan pemeriksaan kehamilan juga secara berkala pada dokter kandungan ataupun bidan dan lakukan pemantauan tumbuh kembang anak secara berkala. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memilih pil KB untuk ibu menyusui dengan tepat akan membantu dalam mempertahankan jumlah produksi ASI

Jenis Pil KB untuk Ibu Menyusui yang Aman dan Tak Pengaruhi ASI

Pil KB merupakan salah satu metode kontrasepsi yang efektif. Namun, bagi Anda yang sedang menyusui dan ingin menggunakan pil KB yang aman dan tepat, Anda bisa gunakan pil mini yang mengandung progestin.