15 Dec 2020, 12:58Kulit & Kelamin

Cara menyuburkan sperma

MA
Info Penanya: MA0
Assalamualaikum dok, selamat siang Saya mau bertanya cara memperbaiki dan menyuburkan spe**a, adakah kaitannya dengan sktrum, dmana sktrum sayabisa di bilang kecil, seprti tidak ada isinya selain testis Mohon bantuannya... Sebelemnya saya ucapkn terima kasih
175 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waaiakumussallam, Selamat siang MA.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Sperma merupakan sebuah cairan yang dapat membuahi sel telur yang sudah matang agar terbentuk pembuahan yang menjadi bakal janin. Sperma ini harus dalam jumlah yang cukup, keadaan yang sehat, bentuk yang normal, pergerakkan yang baik. Kualitas sperma dapat ditentukan oleh banyak hal, salah satunya produksi sperma oleh testis.

Bagaimana proses terbentuknya sperma?

Sperma terbentuk atau yang disebut proses spermatogenesis terjadi di dalam testis mulai seorang lelaki pubertas. Setiap hari ada jutaan bahkan ratusan juta sperma yang dihasilkan dan mengalami pematangan serta perkembangan agar siap membuahi sel telur. Proses ini terjadi di dalam skrotum oleh testis. Jika skrotum dan testis mengalami gangguan, seperti benturan, peradangan, infeksi, pelebaran pembuluh darah (varikokel), penyusutan testis akibat penuaan, kemoterapi, radiasi, maka produksi sperma juga akan terganggu.

Cara menyuburkan sperma

Cara menyuburkan sperma antara lain :
  • Menerapkan siklus dan pola hidup yang sehat sejak dini hingga akhir hayat.
  • Menjaga BB ideal, tidak kurang dan tidak berlebih.
  • Mengkonsumsi makanan bergizi, hindari makanan cepat saji, makanan, dan minuman dalam kemasan.
  • Tidak berganti pasangan seksual.
  • Mengelola stress dengan baik.
  • Menghindari rokok dan paparan asap rokok.
  • Olahraga secara rutin dan konsisten.
Jika skrotum Anda semakin mengecil, diikuti dengan rasa sakit, nyeri saat berkemih, terjadi gangguan ejakulasi, maupun gairah seksual, maka segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan. Setelah Anda menikah maupun belum menikah, ada baiknya untuk mengecek kesehatan termasuk kualitas sperma terlebih dahulu. Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
hubungan seksualmeningkatkan kesuburansperma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil