Menyembuhkan sesak nafas.

RW Info Penanya: RW, Pria, 14 Tahun
Dok saya mengalami sulit bernafas saat tidur bahkan tiba tiba berhenti bernafas juga, cara menyembuhkan nya gimana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore R, 

Berdasarkan keluhan yang anda alami. Sesak napas adalah keluhan yang dirasakan pasien itu sendiri berupa perasaan tidak nyaman, nyeri atau berat pada proses peenapasan. Sesak napas dapat disebabkan gangguqn di paru atau jantung. Maka dari itu harus dicari tahu penyebab awal untuk tatalaksana selanjutnya. 

Penyebab seaak nafas bisa disebabkan karena penyakit jantung, gagal jantung, penyakit katup jantung, kardiomiopati, asma, pneumonia, edema paru, ppok, pneumotoraks, serangan panik, asidosis, anemia, atau setelah melakukan aktivitas fisik berat.

Disarankan untuk;

  • gunakan masker saat beraktivitas diluar untuk menghindari debu dan ketika sedang membersihkan debu dirumah. Karena debu dapat memicu terjadi serangan sesak.
  • hindari merokok dan asap rokok.
  • hindari paparan pada hewan berbulu jika mempunyai alergi.
  • cukup istirahat dan olahraga yang teratur. 
  • jika sesak dikarenakan asma, gunakan obat-obat oral atau semprot untuk mengatasi sesak nafas berat.

Untuk menyembuhkan, disarankan konsultasi dengan dokter untuk mencari penyebab. Atasi penyebab maka sesak akan berkurang. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

Dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Transplantasi paru merupakan salah satu cara untuk membantu penderita PPOK

Kisah Transplantasi Paru Penderita PPOK

Penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) bisa melakukan transplantasi paru untuk mengatasi efek dari PPOK. Salah satunya adalah kisah Emil Olson yang berhasil mengatasi penyakitnya dengan transplatasi paru. Namun, transplantasi paru memiliki beberapa risiko, misalnya tubuh menolak paru yang didonorkan.