Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

YA Info Penanya: YA, Wanita, 31 Tahun
Dear dokter, sebelum mengandung dan melahirkan, saya memiliki berat badan pada kisaran 48-50 kg. Namun, saat hamil, berat badan saya bertambah 25 kg. Saat usia putri yang mencapai tiga tahun, berat badan saya tidak dapat kembali ke berat badan awal saya. Padahal saya selalu memasukkan sayur dan buah di setiap menu makanan saya. Apakah terdapat cara untuk mengembalikan berat badan saya ke berat badan awal? Apakah terdapat diet dan olahraga tertentu yang perlu dilakukan? Saya merasa bahwa saya sangat memerlukan olahraga di bagian perut dan paha. Sebagai tambahan, saya memiliki golongan darah AB. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu YA,

Dalam usaha untuk menurunkan berat badan, hal  pertama yang wajib dimiliki adalah semangat dan disiplin dari diri sendiri. Jangan mudah menyerah serta tetapkan pola makan sehat menjadi kebiasaan dan pedoman hidup.

Untuk mencapai berat badan ideal yang cocok untuk Ibu yaitu sesuai Rumus : 147 - 100 - (10 % ) = 42.3 Kg, sebaiknya dimulai dengan perlahan dulu sehingga tubuh lebih dapat menyesuaikan diri. Secara normal tubuh masih dapat mentolerir penurunan berat badan antara 2 sampai 3 kg dalam seminggu. Namun sering kali diawal-awal program, tidak ada penurunan sama sekali atau sangat sedikit. Saat ini tidak perlu kecewa karena setiap orang memiliki metabolisme tubuh yang berbeda-beda.

Prinsipnya adalah jumlah Kalori  dari makanan dan minuman yang masuk ke tubuh dalam sehari, harus sama (seimbang) dengan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktifitas dalam sehari. Panduan kebutuhan Kalori dapat Ibu lihat pada Wbsite Simas Sehat bagian Cek Kesehatan Online di Cek Presentase lemak Tubuh.

Beberapa prinsip diet atau pengaturan pola makan, yang sehat yang dapat dijadikan panduan yaitu antara lain :

  • Lakukan Diet Seimbang, yaitu semua zat makanan penting untuk tubuh harus dipenuhi, dengan porsi yang sesuai. Zat makanan yang masuk dalam tubuh setiap hari harus tetap memenuhi kuota Karbohidrat, Protein, Lemak, Mineral dan Vitamin.
  • Cukupi kebutuhan Kalsium untuk tubuh yang dapat diperoleh dari minum 1 gelas susu non skim pada pagi hari sebagai sarapan atau sore hari. Tubuh yang kekurangan Kalsium akan ditanggapi oleh otak sebagai signal bahwa tubuh dalam kondisi  kelaparan.
  • Pentingnya sarapan pagi, sehingga tubuh tidak kelaparan saat siang hari. Jadi makan 3 x sehari dengan menu sehat (Sarapan, Makan siang dan makan Malam), dan ngemil buah /sayuran segar 2 x diantara waktu makan. Hindari ngemil yang banyak mengandung karbohidrat dan gula, contohnya mie, nasi goreng, permen, biskuit, es krim, bakso, gorengan, dll.
  • Untuk men-siasati dan membatasi porsi makan, maka sebelum makan minum 1 gelas besar air putih ditambah perasan jeruk nipis / jeruk lemon, hal ini menimbulkan rasa penuh di perut sehingga saat makan, porsi makan akan berkurang.
  • Berpikirlah sebelum makan dan jangan menjadikan makanan sebagai pelampiasan emosi atau pelarian, contohnya makan banyak saat stress, makan saat marah dll.
  • Kurangi porsi karbohidrat dalam makanan, tingkatkan serat dari buah dan sayuran segar.
  • Kunyah makanan sampai lembut baru ditelan, jangan makan terburu – buru tapi nikmati setiap tekstur dan rasa dari makanan yang kita makan, dan bersyukur atasnya.
  • Jadikan saat makan sebagai saat yang istimewa hormati waktu makan, sebaiknya jangan makan sambil mengerjakan hal lainnya seperti nonton tv, baca, main game dll. Karena pengalihan perhatian sepertiini akan menyebabkan kita makan dengan porsi besar dalam keadaan tidak sadar.
  • Bila terasa lapar, cobalah untuk berpikir sebelum mulai ngemil. Atasi dengan minum segelas besar air putih yang ditambah dengan perasan air jeruk nipis / lemon. Karena sering kali kekurangan air (haus) dapat salah diterjemahkan otak sebagai kondisi lapar.
  • Minta dukungan dari keluarga, teman dekat, suami, istri dan anak-anak saat melakukan program diet ini. Kita akan kaget sendiri dengan dukungan dan semangat yang diberikan oleh orang-orang yang peduli dengan kita.
  • Lakukan olahraga teratur, mulai darai jalan santai 3 kali dalam seminggu, dengan waktu 20 menit sekali berolahraga dan dapat ditingkatkan secara bertahap.

Yang terpenting adalah tetaplah semangat dalam menjalani pola hidup yang sehat dan pola makan yang baik.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat kopi hijau dikatakan baik untuk mengurangi berat badan maupun menurunkan tekanan darah

Benarkah Kopi Hijau Bisa Turunkan Berat Badan dan Cegah Penyakit?

Kopi hijau dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Manfaat utamanya untuk menurunkan berat badan, tetapi dipercaya juga sebagai obat alternatif yang membantu mengatasi aneka penyakit.