Bagai mana cara menurunkan berat badan?

AJ Info Penanya: AJ, Wanita, 22 Tahun
Dok kemarin ibu saya sudah ke dokter, bengkak itu disebabkan oleh kelebihan berat badan, dok boleh minta tips untuk menurunkan berat badannya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AJ

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Untuk mengetahui berat badan yang ideal adakah dengan cara menghitung Indeks Masa tubuh (IMT). Cara mengukur IMT adalah sebagai berikut

 IMT = Berat badan (dalam satuan kg): tinggi badan (dalam satuan m)2

Berat tubuh yang ideal dapat dikategorikan dengan hasil pengukuran IMT pada rentan 18,5 sampai dengan 22,9 . Jika kurang berarti terlalu kurus, dan jika melebihi maka terlalu gemuk.

Bengkak sendiri adalah keadaan dimana terjadi pembesaran pada area tubuh tertentu. Bengkak bisa merupakan suatu kondisi yang bisa disebabkan oleh beberapa hal, bisa karena adanya efek benturan, adanya proses radang, atau bahkan karena adanya penumpukan cairan. Untuk itu perlu dipastikan terlebih dahulu penyebab bengkak serta area tubuh mana yang mengalami bengkak sangat menentukan penyebab terjadinya bengkak tersebut.

Terkait dengan  berat badan, hal ini tidak jauh dari cakupan perhitungan kalori. Anda harus mengetahui kebutuhan kalori harian yang dibutuhkan oleh tubuh anda, serta menghitung asupan kalori yang kita dapatkan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Jika kita mengonsumsi kalori yang lebih banyak daripada yang dibutuhkan oleh tubuh, maka berat badan akan naik. begitu pula sebaliknya. Namun, program diet yang dilakukan tanpa pengawasan medis, dikhawatirkan dapat merusak metabolisme tubuh. 

Untuk itu, jika Ibu Anda memang disarankan untuk menurunkan berat badan maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis gizi terdekat agar dilakukan pemeriksaan dan diberikan tatalaksana yang sesuai dengan kondisi Ibu Anda. 

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah tetap mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah, hindari asupan gula atau makanan manis yang berlebih, lakukan olahraga rutin agar metabolisme tubuh bekerja dengan baik, hindari kelahan dan stres.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Faktor genetik hingga gangguan hormon adalah penyebab obesitas yang jarang disadari

Selain Gaya Hidup, 9 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Obesitas

Obesitas tidak hanya berhubungan dengan pola makan. Penyebab obesitas bemacam-macam, misalnya kurang tidur dan konsumsi obat-obatan. Untuk menurunkan berat badan, kenali penyebab obesitas agar metode yang digunakan tepat dan sehat.